Tips Mengatasi Permasalahan SMS Di Symbian

Kemarin ada teman yang mengeluhkan tentang pesan terkirim yang terhapus secara serta merta alias tidak tersimpan, padahal pengaturan olah pesannya sudah benar. Lalu saya sarankan agar mencoba menggunakan cara yang biasa dipakai untuk mengatasi masalah sms yang tak bisa terkirim dengan pesan error memori penuh. Setelah ditindaklanjuti ternyata permasalahan berhasil diatasi [tanpa hard reset].

Bila anda punya masalah yang sama atau masalah sms lainnya dan ingin mencoba tips ini, begini caranya :

1. Pastikan ponsel sudah dihack .
2. Ganti profil ke Offline .
3. Enable patch Open4All .
4. Masuk ke C:\Private\101f7989\sms (gunakan X-plore atau file manager yang mampu menampilkan folder sistem).
5. Hapus file smssegst.dat .
6. Restart ponsel dan
7. Kembalikan ke profil semula.

Penting!! Nomor 6 dan 7 wajib urut, restart dulu baru ganti profil, jika tidak urut maka akibatnya tidak bisa kirim sms lebih dari 160 karakter. Kalau sudah terlanjur ulangi dari langkah awal.

smssegst.dat

File smssegst.dat berisi rekam pesan terkirim dan dalam keadaan normal bisa direset (di nol-kan) dengan cara menghapus sms di folder Terkirim/Sent lalu restart ponsel. Tapi bila sudah terlanjur error cara seperti ini kemungkinan besar tidak berhasil. Jadi jika ponsel anda tidak dihack dan anda tidak mau mengalami masalah seperti sms tidak terkirim karena “memori penuh” maka sebaiknya anda harus selalu melakukan reset berkala pada file smssegst.dat ini. Atau bisa juga dengan memperkecil jumlah maksimal pesan terkirim yang tersimpan via pengaturan olah pesan. Sehingga ukuran file smssegst.dat bisa dikontrol dan tidak membengkak.

Tulisan ini menjadi koreksi atau bisa juga pelengkap atas analisa saya yang pernah saya sampaikan lewat komentar tentang cara pencegahan sms yang tidak bisa terkirim karena memori penuh. Walaupun pada intinya sama yaitu rajin – rajin mengelola semua konten yang ada di ponsel tapi saat itu saya melupakan (tepatnya belum tahu) kalau pesan juga perlu dikelola dengan baik dan benar. :-) Ma’af ma’af * Firus mode On. :lol:

Posted by Wordmobi

About these ads

Tentang mALiKi

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 12 Mei 2011, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 71 Komentar.

  1. Bro, aq pnya mslah hmpir sma di E63. Sms slalu tertunda tpi klo kta msuk ktak kluar lalu sms’y d’krim ulang & nungguin di kotak kluar bru bsa terkirim. Cra d’atas udh sya ikutin & brhasil, tpi bbrpa hri mslah yg sma dtg lgi. Ad gk cra yg lain yg lbih ampuh biar gk selalu restart hp,lma2 bsan jga udh brkali2 kya gtu trus. Mhon solusi’y bro.

  2. gan bisa gak hp N73 di tambah jumlah karakter per-smsnya?kan maksimal 160, bisa gak jadiin 200 atau 300 gitu. mohon bantuanya.

  3. Tanks infonya gan.,
    membantu sex…
    Awalnya q sebel ada orang miscol2,q punya inisiatif-q boom sms aja ni orang,..q kirim 1500 sms,,
    smsnya si gak terkirim semua,cuma 900 ,an
    tp 2 jam kemudian kok hpq kayak kualat,,gak bisa ngrm sms pending2 truz mpe 2 hari

  1. Ping-balik: 44. Solusi Yang malas HR/SR buat Nokia E63 yang tidak bisa kirim SMS « Firus By HackerĀ© Catatan Pengalamanku bersama Nokia E63

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: