14 + 3 Hal Kecil Yang Menyenangkan Pada Ubuntu


Inilah hal – hal kecil yang saya sukai pada Ubuntu. Tentu saja masih banyak hal menarik dan menyenangkan lainnya yang terdapat pada Ubuntu khususnya dan Linux pada umumnya. Saya kira ini tidak hanya ada pada Ubuntu tapi juga pada distro Linux yang lain namun karena saat ini saya baru merasakan hangatnya bergaul dengan Ubuntu, maka Ubuntulah yang saya tulis🙂 .

1. Proses instalasi yang singkat dan mudah.

Kalau menggunakan Ubuntu LiveCD mungkin instalasinya kurang dari 15 menit. Saya sendiri menggunakan installer versi LiveDVD (Ubuntu ME) dan hanya butuh 30 menit untuk memasangnya di hdd. Langkah – langkah instalasinya pun sangat mudah. Tahap yang sedikit membutuhkan perhatian lebih hanya pada tahap pembuatan partisi, tahap – tahap sebelum dan sesudahnya sama sekali bukan masalah. Tapi bagi yang sudah pernah beberapa kali melakukan instalasi, semua tahap sama entengnya.

2. Mendengarkan berkas suara tanpa akses ke multimedia player.

Ini yang paling asyik, kalau hanya sekedar pengen tahu bagus atau tidaknya sebuah lagu, tidak usah buang – buang waktu membukanya dengan multimedia player, cukup hanya dengan mengarahkan pointer ke berkas musik yang diinginkan maka musikpun akan mengalun.

3. Mendukung banyak format kompresi.

Fitur ini sering saya manfaatkan untuk memodifikasi tema ponsel Nokia s40 dan Sony Ericsson berplatform Java. Ubuntu bisa langsung mengenali berkas .nth (format tema Nokia S40) dan .thm (tema Sony Ericsson) sebagai berkas terkompresi. Hampir semua berkas kompresi bisa dibuka dan dibuat dengan Ubuntu.

4. Mudahnya menambahkan tata letak/layout keyboard berbagai bahasa.

Ada sekitar 83 layout yang tersedia di Ubuntu dan dalam setiap layout ada beberapa pilihan varian. Maksimal layout yang bisa di tambahkan selain layout yang telah diaktifkan saat instalasi hanya 3 buah layout keyboard. Caranya pun sangat mudah, tanpa perlu menginstal apapun lagi.

5. Tampilan desktop dan jendela yang bisa diubah – ubah sesuka hati.

Panel yang bisa dibuat bermacam – macam, mau di transparan, dikasih warna, dihilangkan, dipindah, diubah ukurannya atau ditambahkan applet yang unik dan lucu. Jendela yang bisa diberi latar berupa pattern yang cantik – cantik yang telah tersedia atau kita bisa juga membuatnya secara instant dengan menggunakan Gimp atau jika sedikit narsis kita bisa memasang gambar kita sendiri.

6. Multidesktop yang memudahkan multitasking.

Tak perlu meminimalis sebuah jendela direktori atau aplikasi untuk melakukan multitasking, agar tetap mudah diakses dan dikontrol letakkan saja di desktop yang berbeda. Ubuntu menyediakan hingga 16 desktop, tapi biasanya agar mendapat efek desktop kubus cukup dibuat 4 desktop saja.

7. GRub yang memudahkan dual atau multi boot.

Hampir seluruh distro Linux menyediakan GRub (GRand Unified Bootloader) sebagai pintu awal memasuki sistem. Keberadaannya sangat membantu untuk memasang dua atau lebih sistem operasi disebuah komputer. Tak perlu menghilangkan os yang sudah ada untuk menggunakan Ubuntu atau distro Linux lainnya. Cukup membagi sedikit tempat di harddisk untuk memasangnya dan Grub akan membuat pintu masuk untuk mengakses os yang ada di dalam komputer.

8. Dapat mengakses file system Windows.

Berkat adanya ntfs-3g, file system Windows bisa diakses dari Ubuntu. Kita bisa mengedit berkas – berkas di Windows. Dalam beberapa kasus fitur ini bisa digunakan untuk mengatasi virus.

9. Mudah untuk menyembunyikan folder atau berkas.

Tambahkan sebuah titik [.] di depan nama folder atau berkas yang ingin disembunyikan maka folder atau berkas tersebut akan hilang dari pandangan mata. Untuk mengembalikannya hilangkan saja tanda titiknya.

10. Ikon aplikasi bisa diletakkan di bagian mana saja dari desktop.

Umumnya desktop Ubuntu bersih dari ikon – ikon tapi jika ingin menambahkannya ke desktop kita bisa meletakkannya dimana saja. Mau berjejer vertikal disebelah kanan atau kiri, berjejer horisontal dibagian atas atau bawah, membentuk siku atau segitiga dibagian sudut, membentuk kotak di sekeliling layar, membentuk lingkaran atau membiarkannya bertebaran di desktop, semuanya bisa dilakukan. Pokoknya suka – suka hati.😛

11. Ukuran ikon bisa langsung diatur pada ikon.

Untuk mengecilkan ukuran ikon yang dilekatkan di desktop bisa langsung dilakukan pada ikon tersebut. Biasanya pada Ubuntu ikon yang ditaruh di desktop berukuran cukup besar.

12. Aplikasi bisa disembunyikan dari menu

Kita bisa menambahkan atau menyembunyikan aplikasi dari daftar menu. Lewat main menu, aplikasi yang mau ditambahkan atau dihilangkan dari daftar menu bisa diatur dengan mencentang atau menghilangkan centangnya.

13. Bluetooth bisa langsung dikenali dan dijalankan

Colokkan dongle bluetooth, Ubuntu langsung mengenalinya dan sudah bisa langsung difungsikan dan tak perlu instalasi driver.

14. Kemudahan dalam mengkoneksikan ponsel

Sama seperti bluetooth, menghubungkan ponsel dengan Ubuntu menggunakan kabel data untuk keperluan transfer data dari komputer ke ponsel atau sebaliknya maupun untuk modem tidak membutuhkan instalasi driver.

Plus 3 hal yang khusus terdapat pada Ubuntu Muslim Edition :

15. Zekr dengan fitur audionya

Dalam Ubuntu ME, Zekr yang terpasang saat instalasi os adalah Zekr yang beraudio. Ada empat recitation yang telah disertakan didalamnya yang bisa didengarkan secara offline. Selebihnya adalah online recitation. Selain itu dilengkapi pula dengan terjemahan dalam berbagai bahasa didunia termasuk bahasa Indonesia.

16. Pointer Dhikr yang sangat zikir

Pointer Dhikr sangat unik, tampilannya selalu mengajak kita untuk tidak melupakan Allah dalam keasyikan kita berkomputer ria. Saat membuka sebuah aplikasi, berkas atau direktori, pointernya akan berubah menjadi logo Ubuntu ME dan lingkarannya akan berputar menunjukkan sedang ada sebuah proses. Pada saat normal di samping pointer selalu muncul bergantian kalimat – kalimat tasbih, tahmid dan tahlil.

17. Basmalah sebagai sound pembuka

Ini akan selalu mengingatkan kita untuk mengawali segala sesuatu yang baik dengan basmalah.

Bagaimana dengan anda? Apa hal – hal kecil yang anda sukai pada Ubuntu atau Linux?

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 17 Desember 2009, in Komputer and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. saya juga pemakai ubuntu…cuman masih sebatas meraba-raba saja.. belum sampai mastering..

    • Sama mas saya juga masih pemula, makanya cuma baru bisa nyenengin yang kecil – kecil dan non teknis. Ngomong – ngomong nggak marah tuh diraba – raba?😛

  2. wah artikel baru mas?
    Gud job -up-
    Biar saya coba nanti ..

  3. wah, Ubuntu ya?, saya pemakai win 7,. Tapi saya sedang berpikir untuk menggunakan double OS dengan Ubuntu juga,. Yang saya tahu, dengan Ubuntu, virus platform windows bisa dibungkam,. tapi melihat keuntungan2 lainnya disini, semakin membuat saya terhipnotis untuk menggunakan Ubuntu,. Terima kasih share-nya bro,.

  4. sip…
    saya menggunakan linux sabily🙂
    alias ubuntu versi muslim

  1. Ping-balik: Sexybuntu Logo – Logo Ubuntu Paling Nyleneh « Bulu Berlabuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: