S60v3Trik Mengatasi Aplikasi Python Yang Kompatibel Tapi Tidak Bisa Dibuka

Aku sempat dibuat bingung oleh ‘ulah’ beberapa aplikasi di lingkungan Python yang aku instalasi di Nokia S60v3. Beberapa diantaranya ada yang tak bisa dibuka padahal sebenarnya kompatibel. Seperti Image Designer v 1.36d dan Zntxhan 2.04 yang ketika aku pasang ternyata tak bisa dibuka. Lalu terpikir untuk memindahkan interpreternya yang semula aku pasang di kartu memori ke memori ponsel dimana ExtraPowerModulPack-nya aku tempatkan. Setelah dilakukan memang IDesigner dan Zntxhan bisa jalan tapi kini giliran aplikasi Python yang terpasang lebih dulu dan berjalan normal yang tak bisa dibuka. Huuh…

Akhirnya setelah bolak – balik bongkar pasang, baik interpreternya, aplikasinya maupun modulnya dan tetap gagal, Python pun aku kembalikan ke posisi semula di kartu memori bersama aplikasinya sedang modulnya tetap di memori ponsel (kayaknya wajib tuh). Daripada mengorbankan memori ponsel hanya untuk beberapa aplikasi mending cari cara lain, mungkin saja ada trik untuk mengatasi problem pelik ini. Apalagi memori ponselku kecil kalau dijejali terlalu banyak konten bisa – bisa nih ponsel jadi lelet dan gampang hang.

Tak putus asa dirundung duka😎 , aku buka X-plore untuk melihat dimana saja elemen – elemen si Zntxhan dan IDesigner ini berada. Siapa tahu dari situ bisa dapat petunjuk untuk jalan keluarnya. Aku menemukan sesuatu yang aneh, saat instalasi aku memilih memasang keduanya di kartu memori tapi aku sama sekali tidak menemukan sebagian pun dari kedua aplikasi ini yang nangkring di folder Private dan Resource\Apps di kartu memori. Aku hanya menemukan beberapa bagiannya di folder System\Apps.

Jadi penasaran aku pun melompat dari X-plore dan membuka SmartSis. Aku harus membongkar installer Zntxhan [terlebih dulu] dan harus tahu dalemannya aplikasi ini. Walhasil… Hmm… benar nalarku, ternyata bagian penting yang hilang itu secara otomatis terpasang di memori ponsel. Disana ada dua folder utama, yang satu bernama ! yang berarti memberi opsi, satunya bernama C yang artinya memori ponsel.

Tanpa banyak pikir aku langsung mengubah nama folder C tersebut ke E agar semuanya terpasang di kartu memori.

Pasca repakcing, Zntxhan ‘baru’ pun aku install setelah sebelumnya meng-uninstall yang lama. Instalasi berjalan lancar. Dengan lagak pesimis (biar nggak kecewa kalo gagal, hehehe) aku buka Zntxhan yang sudah kelar di pasang. Dan… dadaaa… Zntxhan pun terbuka. Huuu…😆

Image Designer pun mendapat perlakuan sama karena jeroannya mirip dengan Zntxhan dan sekali lagi aku pun sukses mengeksekusinya. Cuma ketika pertama kali membuka IDesigner ada notifikasi “Source files are not compiled. To compile?” Aku agak kaget tapi ternyata nggak masalah, setelah di Ok beberapa detik kemudian keluar notifikasi yang menyatakan kompilasi sudah kelar dan memerintahkan untuk merestart aplikasi dan selanjutnya aplikasi pun berjalan normal. Kini keduanya berjalan lancar di ponselku tanpa harus mengorbankan aplikasi lain apalagi memori ponsel.🙂😎

Jika anda mengalami pengalaman seperti saya anda boleh mencoba cara ini, walaupun mungkin tidak semua aplikasi bisa jalan setelah di edit seperti cara diatas.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 21 Januari 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 49 Komentar.

  1. gan kenapa ane download modul extra packnya gabisa dibuka , ket masalah sertifikatnya hapeku e63 tolong dong gan

  2. mantap triknya ….
    sekarang zntxhan udah bisa diinstall di MC dan bisa dijalankan
    tapi sayang untuk aplikasi eCleaner gak mau jalan Bang ….

    Bang mau nanya bagaimana cara merubah lokasi instalasi untuk aplikasi eCleaner dan Formating yang cuman ada 1 folder saja (C),

    Penasaran nih Bang , dah dicoba berkali-kali tapi gagal melalu …
    Mohon pencerahannya, trima kasih.

  3. coba aja diganti jadi E atau tanda ! , kalo tetep ga bisa dibuka berarti skripnya jg harus diedit krn banyak aplikasi Python yg di skripnya udah dibuat default utk drive C, gunakan aja MobilHex/Zntxhan utk melihat dan mengedit skrip/sourcenya

    • Dah dicoba bang dengan diganti menjadi E dan ! tetap gak bisa, memang aplikasinya bisa diinstall di ponsel, tapi gak bisa jalan tuh.

      Bang VPat …
      Kalo gak keberatan tolong diposting cara edit script menggunakan MobilHex.

      Thank’s …

  4. bang… Numpang nanya nih… Kok zntxhan ku kok gk bisa diinstall, padahal udah install python dkk keterangannya “kesalahan sertifikat” gimana tuh…?

  5. mas numpang lagi nieh….aku barusan instal idesigner ama smartsis kok 2 nya ga ada yang bisa di buka kenapa tuh mas?ada solusinya gak mas trus aplikasi pithon tuh kayak apa dan berfungsi gimana mas kasih tau ya pleace……….mas teng kyu

  6. slamat singa gan. mau tanya nih🙂 Q sudah instal designer dan phyton besrta ZntXtan_nya tpi aplikasi blm bsa brjalan dgn normal.. Hnya aplikasi Designernya cuma bsa trbuka saja dn ZntXtan jga tdk brjalan??

  7. maha yondaimepart

    slamat singa gan. mau tanya nih🙂 Q sudah instal designer dan phyton besrta ZntXtan_nya tpi aplikasi blm bsa brjalan dgn normal.. Hnya aplikasi Designernya cuma bsa trbuka saja dn ZntXtan jga tdk brjalan??

  8. maha yondaimepart

    slamat siang gan. mau tanya nih🙂 Q sudah instal designer dan phyton besrta ZntXtan_nya tpi aplikasi blm bsa brjalan dgn normal.. Hnya aplikasi Designernya cuma bsa trbuka saja dn ZntXtan jga tdk brjalan??

Tinggalkan Balasan

