Tips Mencegah Munculnya Folder PAlbTN

Kamu yang gemar mengintip daleman hape symbian kamu lewat file explorer pasti sudah tidak asing dengan folder PAlbTN. Folder ini selalu muncul bila kita atau aplikasi mengakses gambar via galeri. Folder PAlbTN bisa berada dimana saja, asal ada gambar yang bisa ditayangkan oleh galeri pasti folder ini juga ada. Fungsinya adalah untuk mempercepat proses pemuatan gambar. Celakanya folder ini menjatah tempat yang lumayan besar bahkan hingga bermega – megabyte sesuai ukuran dan banyaknya gambar yang ada di memori. Tentu ini sangat merugikan.

Lihat perbedaan ukuran antara berkas di folder PAlbTN dengan gambar sebenarnya.

PAlbTN

Gambar

Memang ada aplikasi yang dapat menghapus seluruh folder PAlbTN yang ada di hape sekaligus namun rasanya mencegah jauh lebih baik daripada harus selalu menghapus. Kalau kamu sependapat dengan saya, kamu bisa menggunakan trik berikut itu.

Gunakan file explorer atau file manager pihak ketiga, buat sebuah subfolder di folder Images, beri nama apa saja, lalu cari dan pindahkan semua gambar yang DIBUANG SAYANG NAMUN DIPANDANG JARANG ke folder yang baru dibuat tersebut. Setelah semua gambar terkumpul set atribut folder tersebut sebagai folder tersembunyi/hidden. Sementara gambar – gambar yang berada diluar folder Images, hapus dulu folder PAlbTN-nya jika memang ada baru kemudian disembunyikan.

Cara ini dapat mengurangi menjamurnya folder PAlbTN di memori dan tentu saja bisa menghemat tempat yang berarti pula membuat ponsel lebih ‘bernapas’.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 22 Januari 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Ini sih bkn trick namanya!

    • Trus apa dong namanya? Bukankah dengan cara ini kita telah mengelabui sistem? Dan kalo tidak salah trick itu bisa juga berarti daya upaya. Tapi tak apalah berbeda pendapat halal kok🙂 Makasih atas kunjungannya

  2. boleh dicoba juga tuh,memang menzengkelkan folder yg satu itu.pkoke siiiplah ketua.

  3. kalo kaya gt klamaan dweeh….
    kalo peha nya dah di hack tinggal tambahin disable_PAlbTN.rmp aja gan di rom patchernya……..

  4. Jadi smua folder PAIbTN itu aman dihapus ya?bru tau aq.coz bru pke symbian, takut folder itu bgian dr system, jd gak aq hapus.. aq gak paham ni mksudnya..
    Ada penjelasan lebih sederhana gak ya?hehe
    Kalo PAlbTN dihapus apa yg terjadi?
    Aplikasi yg buat menghapus apa namany?

  5. hallo Mila, PAlbTN itu biasanya berisi gambar2 kecil atau semacam thumbnail namun kadang nggak bisa di display. Kalo dihapus yang terjadi adalah hape kamu meledak hahaha…emang tabung gas apa hihihi…paling loading gambar di gallery jadi agak lambat Mil. Aduh aku lupa nama aplikasinya tapi bisa menggunakan patch seperti saran komentator diatas

  6. Buat saya trik ini Mantabz Gan.Thx Mr.Vpat.. .. ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: