Trik Reinstall Aplikasi Java Terpercaya Pasca Hard Reset Tanpa Redownload

Jika anda pernah melakukan hard reset atau master reset pada ponsel Symbian S60 anda, pasti anda pernah mendapati tertutupnya aplikasi atau game yang berjalan di lingkungan Java. Biasanya kita melakukan instal ulang dengan mengklik berkas *.jar yang ada di SystemMIDlets[kodeaplikasi] (Symbian S60 v 2). Alhasil aplikasi semacam Opera Mini, Snaptu, BlueFTP dll yang semula terpercaya/trusted menjadi tidak terpercaya/untrusted. Akibat buruknya kita kehilangan opsi “Always allowed” pada beberapa perijinan yang bikin repot saat aplikasi membaca atau menulis di file system.

Umumnya aplikasi Java yang kita unduh dan instalasi terdiri dari dua berkas yaitu .jar dan .jad. Berkas .jar merupakan berkas kompresi dari elemen – elemen aplikasi itu sendiri sedang .jad biasanya berisi informasi tentang aplikasi, seperti nama, versi, ukuran, url atau tautan unduh dll. Khusus untuk aplikasi Java terpercaya didalam berkas .jad-nya disertakan pula sertifikat dan tanda tangan digital dari aplikasi tersebut. Anda bisa melihat sertifikat dan tanda tangan digital itu menggunakan text editor atau file manager yang mampu membaca berkas .jad. Nah, berkas .jad inilah yang seharusnya kita klik untuk instal ulang aplikasi Java terpercaya agar sertifikasinya tidak hilang. Tapi, sebelum mengklik kita harus melakukan penyuntingan terlebih dahulu pada berkas .jad ini. Karena jika langsung diklik malah akan langsung mengunduh ulang ke internet.

Bagian yang harus disunting hanya pada MIDlet-Jar-URLnya saja yang berisi direct/hotlink untuk mengunduh aplikasi via internet. Disini kita merubah arah tautannya langsung ke berkas .jar yang ada di ponsel bukan ke internet. Gunakan text editor semacam Dedit untuk melakukan penyuntingan. Caranya, hapus semua teks tautan yang terletak sebelum nama aplikasi atau ketikkan sesuai nama berkas .jar-nya saja. Kita ambil contoh dari .jad-nya Opera Mini seperti di bawah ini.

Sebelum di sunting :

MIDlet-Jar-URL: http://mini.opera.com/dl/UcnAhLmNM8nidvFKefkAQFCAKh0FZGVmYXVsdC5wbmc=/mini.jar

Setelah di sunting :

MIDlet-Jar-URL: mini.jar

Simpan hasil penyuntingan, lewat file manager klik berkas .jad tadi dan lakukan proses instalasi seperti biasa. Menjelang akhir instalasi beberapa aplikasi Java meminta untuk dihubungkan ke internet, ini hanya sekedar untuk notifikasi. Jadi jika di cancel pun tidak masalah. Selanjutnya pergi ke Apps. Manager -> Suite setting dan lakukan pengaturan. Disini kita masih akan mendapati opsi ‘Always allowed’ pada beberapa akses penting. (Ingat! Sebelum instalasi pastikan berkas .jad dan .jar berada di folder yang sama).

Lalu bagaimana dengan ponsel Symbian S60v3? Sebenarnya tidak berbeda dengan s60v2 kita pun bisa melakukan penyuntingan sebelum instalasi ulang, masalahnya adalah folder MIDlets berada di dalam folder Private yang tersembunyi. Kalaupun ada file manager yang menampilkannya tapi hanya akan terlihat sebagai folder kosong. Untuk melihat, membaca dan menulis di direktori tersebut mungkin anda harus menjebol sekuriti ponsel anda atau mungkin sekurang – kurang memasang Rom Patcher.

Trik di atas mungkin bisa digunakan juga dalam memodifikasi aplikasi Java agar tetap terpercaya meskipun sudah dimodif. Tapi tentu saja ada beberapa informasi lainnya yang harus disunting selain tautan unduh. Selamat mencoba🙂

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 23 Januari 2010, in Ponsel Symbian and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. masih unsign y mastah… sertifikat error tuh

  2. baru tw trnyata bs digituin ya,,itu hanya brlaku pd aplikasi java ya,yang msh jd pertanyaan saya,aplikasi yg berekstensi sis yg sudh terinstal di mem0ry eksternal kalo di hard reset apa ikut kehapus,kalo iya gimana cara reinstalnya tanpa harus redownload bro?

  3. klo mw hard reset??? za MMC DI HP di lepas dulu donk…!!!!!!!!!!
    trs back up smua nomer tlffn dll…………biar g ilang.beres duech.

  4. mau tanya mas .
    Bisa gk ya app yg dah ke instal bisa terinstal otomatis setelah Hardreset.
    Kaya ovi store (salah satu app yg gk prnh q pakai) walaw dah puluhan kali hard reset app itu pasti lolos terinstal.
    Nah pertanyaan saya: bijimana caranya app yg udah duduk manis di memory card bisa kaya si ovistore????

    Matur tengkiyu mas pvat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: