Tips Mengamankan Ponsel : Kunci Ponsel Via SMS plus Guardian

Salah satu fitur sekuriti yang sangat keren di Nokia Eseries adalah kunci jarak jauh/remote lock. Dengan hanya mengirim sebuah SMS tertentu yang sebelumnya telah diatur ke nomor yang ada di ponsel Eseries maka dengan serta merta ponsel pun terkunci. Kalau tidak salah fitur ini sebelumnya telah dibenamkan pada seri Communicator dan dipadu dengan Air Guard yang punya kemampuan mengirim SMS ke nomor yang telah ditentukan jika kartu SIM telah diganti. Bahkan bisa mengirim SMS peringatan ke nomor yang baru tersebut.

Nah, kabar buruknya di Nokia Eseries khususnya E63 yang saya pakai saya tidak menemukan aplikasi Air Guard atau sejenisnya. Jadi andai ada tangan jahil yang mencoba “mengamankan” ponsel kita dan telah mengganti kartu SIM sebelum kita sempat kirim SMS, maka fitur kunci jarak jauh yang telah diaktifkan menjadi tidak berkutik. Namun, kabar baiknya diluar sana ada Guardian yang dapat mengirim SMS secara diam – diam jika kartu SIM diganti dengan menggunakan jaringan operator dari kartu SIM tersebut ke nomor ponsel yang telah kita pilih saat setting aplikasi. Walaupun versi full-nya berbayar tapi kita bisa menggunakan versi gratisnya yang memang hanya dibekali kemampuan mengirim SMS notifikasi bila kartu SIM diganti. Karena yang kita butuhkan hanya nomor dari kartu SIM pengganti maka versi gratis pun sudah memadai. Untuk melindungi kartu memori kita bisa menggunakan fitur lain di Eseries yaitu Enkripsi.

Untuk mengaktifkan kunci jarak jauh kita bisa menemukannya di Peralatan | Pengaturan | Umum | Pengamanan | Telepon dan SIM | Bolehkan kunci jauh. Sebelum mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu ganti Kode Kunci standar karena telah umum diketahui. Anda bisa memasukkan kode kunci dari 4 – 255 karakter (biar lebih jelas jangan lupa baca petunjuk/help-nya). Mendukung abjad dan angka, huruf besar dan kecil, bahkan karakter – karakter khusus seperti !, ?, &, # dkk, sehingga kita bisa membuat kode kunci yang sangat kuat. Dan meskipun bisa dibuat hingga ratusan karakter tapi sebaiknya tidak usah terlalu panjang banget yang penting sulit ditebak tapi gampang diingat. Apalagi jika remote lock ini telah aktif setiap kali kita menghidupkan ponsel kita harus memasukkan kode kuncinya.

Selanjutnya klik Bolehkan kunci jauh/Allow remote lock, pilih Ya dan masukkan pesan singkat yang akan kita gunakan untuk mengaktifkan kode kunci. Pesannya minimal terdiri dari 5 karakter dan sebaiknya satu kata saja agar mudah diingat. Karena SMS ini hanya untuk mengaktifkan kode kunci saja dan baru bisa dibaca setelah ponsel tidak terkunci. Jadi begitu SMS masuk, ponsel langsung terkunci dan membalas SMS tersebut dengan pernyataan bahwa ponsel telah terkunci. Setelah mengaktifkan kunci jarak jauh dan Guardian, anda bisa mencobanya untuk mengetahui apakah keduanya bekerja dengan baik. Selamat mencoba

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 25 Januari 2010, in Ponsel Symbian and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Nguncinya pakai sms keno hp kita ya?pakai no hp apa saja bisa ya bro?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: