Mengganti Splash Screen Nokia E63

Dulu saya pernah bilang bahwa splash screen booting (gambar yang muncul saat ponsel mulai On) E63 tidak bisa dimodif, ternyata saya keliru. Memang metode search and replace patch tidak bisa diterapkan di sini karena file eksekutor splash screen, splashscreen.exe adalah file kompresi. Tapi masih ada cara lain yang bisa digunakan yaitu langsung mengedit file eksekutornya.

Biar saya nggak capek ngetik dan kalian nggak bosan baca, langsung saja kita mulai :

1. Hacktivasi E63 kamu.

2. Download SplashScreen.zip

3. Download dan instal RPDomain Plus (kalau sudah ada lewatkan).

*setelah instal RPDomain, letakkan file domainsrv.exe di C: | Sys | Hash dan di E: | Sys | Bin. File dan penempatannya harus sesuai dengan struktur folder yang ada di dalam file RPDomain.zip tersebut.

*Atau jika ingin menggunakan RPDomain yang langsung instal tanpa harus meletakkan file domainsrv.exe secara manual dan tanpa pop up, silakan download dan instal RPDomain Plus v 2.03. Kekurangannya, dengan menginstal ini kita tidak bisa membuat backup phone memory.

Cara mengaplikasikannya :

1. Letakkan file SplashScreen.exe di C: | Sys | Bin.

2. Rename salah satu file .mif yang disertakan dalam file SplashScreen.zip menjadi SplashScreen.mif lalu letakkan di C: | Resource | Apps.

*Ini hanya sebagai percobaan, nanti jika modif ini sudah jalan, kamu bisa mengganti gambar splash-nya dengan gambar yang kamu suka.

3. Enable dan add auto patch c2z4bin_THUMB.rmp di RPDomain.

*kita wajib memakai RPDomain karena autostart-nya langsung jalan saat ponsel mulai me-loading OS (Sistem Operasi). Berbeda dengan ROMPatcher+ yang startnya diawali setelah OS benar – benar jalan. Mungkin itu karena ROMPatcher+ terinstal di kartu memori.

4. Restart atau Off/On ponsel kamu untuk melihat hasilnya.

Andai terjadi error misalnya stagnan di splash screen, dimatikan nggak bisa, masuk ke sistem operasi nggak bisa maka lepas saja baterai lalu pasang lagi dan sebelum menghidupkan ponsel cabut dulu kartu memori. Setelah ponsel benar – benar hidup baru memasukkan kembali kartu memorinya. Kemungkinan besar error ini tidak akan terjadi kalau kita tidak menggunakan Animenu Plus versi awal (di bawah 2.0).

Membuat sendiri gambar splash screen :

Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk membuat file berekstensi .mif tapi disini saya hanya akan memberi contoh membuat file .mif menggunakan SmartSis (Python).

1. Sediakan sebuah gambar berformat png atau jpg dengan resolusi 320*240 px. Gambar ini bisa diolah menggunakan IDesigner.

2. Buka SmartSis klik Options > Tools > MIF-utility.

3. Tekan Options > Convert, cari file gambar yang tadi telah disiapkan dan klik pada gambar tersebut.

4. Setelah proses konversi selesai, tanpa keluar dari SmartSis buka X-plore atau file manajer lainnya.

5. Akses folder SmartSIS | MIFs | to svg biasanya di drive E.

6. Rename file .svg menjadi dump0001.svg.

7. Kembali ke SmartSis tekan Options > Packing > Single File dan klik pada file dump0001.svg tadi.

8. Selesai.

Untuk menjadikannya splash screen jangan lupa merename dump0001.mif tersebut menjadi SplashScreen.mif

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 8 Februari 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 41 Komentar.

  1. Mantaf mas+dunludx jdi ringkas ,,,,,klo bisa kya gni aja mas cara dunludx :d:d:d:

  2. izin sedot boooosssss…. Tp sedotx g pake selang tp pake pipet(vpat) hehehe….

  3. Tu kan buat onx mas,,,,,klo buat offx gmna mas??

  4. maaf bang mau tanya yg sdkt OOT blh ya…..

    Cara edit aplikasi berbasis phyton supaya bs di instal di memory card gmn ya??

    • totok, installernya di unpack dulu (bisa menggunakan smartsis) kemudian rename folder C yang ada didalamnya menjadi E atau ! (memberi pilihan saat instalasi). kalau di dlm installer tsb sudah ada folder E atau !, maka gabungin aja semuanya. yang paling penting adalah 3 sub folder yaitu Private, Resource dan Sys, ketiganya tdk boleh dipisah, harus ada dalam satu folder induk. artinya mereka harus terpasang pada drive yg sama. atau jika didalamnya ada sub folder System\Apps maka gabungin juga bersama ketiga sub folder yg aku sebut diatas.
      Trus ada juga aplikasi python yg bukan cuma harus merename foldernya tapi juga harus mengedit source-nya tapi yg seperti ini amat sangat jarang ada. dari pengalamanku hanya MobilHex yang harus diedit sampai ke source-nya. kalau ada yg seperti itu kami bisa menggunakan ZntxHan utk mengedit source-nya.

  5. Muantaaaaaaaaap😀 …. Gitu donk mas .. Tiap hari update truuuuuuuuus😀 .. Ngomong emang mudah ya mas … Wkwkwkwkwkkwkwk

  6. O iya lupa … Smartsis / mifmaker sma apa beda ga mas …. Kalo ga salah d post nya mas yg kemaren2 ngbuat format .mif kan cuma pake mifmaker mas …

  7. nice tips mas, ijin sedot, hehe😀

    skalian mas bikin artikel tentang penggunaan MAP di E63 ato aplikasi2 tentang map gt dh, kalo ada saya lg nyari map full indonesia tapi yg ver ofline mas, biar g keluar biaya GPRS, hehe😀

    keep share brotha

  8. tengkyu bang
    tak tela’ah dulu
    yg ini agak rumit nampaknya…
    heheheh

  9. kok yang jawab totok ya? :p
    totok = vpat?
    -mumet-

  10. mas..ane boleh request aja g mas.. Splashscreen.nya.. Soalnya..ane kagak ngarti cara buat nya..he..he..😀

  11. Mas cara buat splashscreen yg bisa gerak gmna??

  12. aq tu bls penjelasannya om vpat masbrooo
    Wkwkwkwk

  13. oke bro, hehehe😀

  14. VPAT = ERICK SP yg fb nya?🙂

  15. Ya kaya ni (StartupWin7E63) ni kan gerak mas splashscreenx

    • owh, yang itu startup bukan splashscreen. Kalo startup itu formatnya mbm dan terdiri dari banyak gambar. Kalo format mif umumnya memang nggak bergerak dan sering digunakan sebagai format ikon aplikasi.

  16. Nah tu mas cara buatx gmna??startup

  17. sob koq d rpdomain c2zTHUMB.rmp and installserv.rmp g bsa d apply ? Mhon bntuanx

  18. Nah loh RPdomain plus beda ya ama RomPatcher?😮
    Trus ane udh bisa modding start up tnpa kendala gan n lbh cepet
    Cm beda ama tutor agan ini😮

    • selamat datang Edda…nggak nyangka datang dimari🙂

      iya Edda RPDomain emang beda ama ROMPatcher, bedanya ada pada autorun-nya. RPDomain sudah jalan pada saat ponsel meloading os (sebelum splashscreen nongol) sementara ROMPatcher baru start setelah os benar2 jalan (home screen udah nongol).
      RPDomain itu sebenarnya ROMPatcher yg udah dimodifikachu.

      tutornya jelas beda Edda…yg dibahas kan bedda…splashscreen itu tulisan nokia yg nongol pas hp dinyalakan kalau startup itukan setelahnya…gambar jabat tangan itu apa ya namanya.. nokia collecting people ya hehe…

  19. mas q pke RDomain v 2.2 tp ko patchy ga auto start y mas,sblum dmatiin dah dEnablekan,tp pas udah nyla dah dsble sndri mas….q nginstal yg v 2.03 ga bisa mas..

  20. kan mas bener…..folder smartSISnya di RAM mas…D: bukan di E:

    lg2 beda sndiri…..

  21. gud job mas -up-
    Tutornya muantebh.
    Smuanya sukses aku apply kan ke e63 ku mas..
    Dari yang ganti splash, ganti shutdown, sampe tambah simbol.
    Trims banget mas bro..
    blognya membantu banget. Mak erotku sampe seneng banget tuh.😀
    Sukses slalu mas vpat.
    Update terus blognya. go moding!!

  22. bro,link smartsis nya ilang…????
    Gak bisa donlud smartsis nie bro..

  23. cara nyimpannya gimana gan…

  1. Ping-balik: 19. foto berbasis .Mif untuk splash screen dan shutdown di E63 (320×240) « ⢇ Firus By Hacker's® From Binuang (Sirkuit Balipat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: