Memperbaiki atau Modifikasi Tema Bermasalah Di Ponsel Symbian S60v3

Beberapa hari yang lalu saya mengunduh tema/theme untuk E63 di www.symbianthemes.us dan di AllNokia.ru, tapi anehnya tema – tema keren tersebut tidak bisa terinstalasi dengan sempurna. Setiap ponsel di on-kan atau di restart, sistem selalu mencoba menyempurnakan instalasi tapi selalu pula gagal. Meski begitu temanya masih bisa diterapkan/dipakai.

Walaupun tidak tahu apa penyebabnya, tapi alhamdulillah saya berhasil menemukan cara untuk mengatasi masalah ini, yaitu mengepak ulang (repacking) installer tema bermasalah tersebut. Kalau anda adalah pengguna Nokia E63 dan mengalami masalah yang sama, anda boleh mencoba cara saya ini.

Untuk melakukan pekerjaan tersebut kita membutuhkan SmartSIS. Jika belum punya Python di ponsel, download dan instal Python S60 terlebih dahulu beserta modulnya. Untuk modul Python boleh pilih Mega Py Module Pack v152 (MPMP) atau Extra Power Module Pack v 4.50 (EPMP). Mereka dibutuhkan agar SmartSIS yang berdasarkan Python bisa dioperasikan.

Langkah – langkahnya sebagai berikut :

1. Unpack tema bermasalah tersebut menggunakan SmartSIS.
2. Dengan menggunakan file browser/manager, hapus tiga buah berkas berformat .ini, .mbm, .mif di E\SmartSIS\unpacked\symbian9\nama_tema\!\private\10207114\import\kode-tema(biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka)\. Tinggalkan berkas yang berformat .skn saja.
Berkas – berkas tersebut dihapus agar ukuran installer tidak membengkak dan ini tidak akan menyebabkan kerusakan tema. 3. Packing ulang tema menggunakan SmartSIS tentunya.
4. Sebelum proses packing dilanjutkan modifikasi dulu tipe instalasi dengan mengklik opsi Modify pada Menu SmartSIS. Di ruas Installation Type ganti SA (Standard Applications) dengan Partial Upgrade (PU). Klik Save dan Back. 5. Lanjutkan proses packing hingga selesai.

Proses packing tema biasanya berjalan cukup lama, jauh lebih lama dari proses packing aplikasi. Jadi bersabarlah🙂 . Hmm… sambil menunggu proses packing kelar😆 ,saya ingin menambahkan mengapa tipe instalasi harus diubah ke partial upgrade padahal kita tidak mengupgrade tema tersebut.
Tampaknya setiap tema yang direpacking -tanpa menaikkan versi- akan dianggap oleh sistem ponsel sebagai upaya update sekalipun tema yang bermasalah itu telah di uninstall. Ini terindikasi dari pesan ‘Update Error’ yang selalu muncul saat instalasi jika tipe instalasi tema masih Standard Applications SA. Atau dengan kata lain ponsel hanya akan menerima tema jika tema repacking tersebut berlabel update/upgrade.

Nah, installer tema sudah jadi, anda boleh langsung menginstalasinya. Sekarang restart ponsel, insya Allah anda tak akan menemui instalasi otomatis lagi😎 . [Ma’af tanpa screenshot, hehehe..]

Saya rekomendasikan untuk membaca versi final dari topik tema bermasalah ini di sini, karena lebih mudah untuk dipahami dan dilakukan.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 9 Februari 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 59 Komentar.

  1. Bosss req aplikasi python uninstaller yg format .sis yah,,
    Buat hapus file ato aplikasi bandel yg ga mo di tendang/hajar…. Mksh sblume”

  2. dr pnjelasan diatas,sy ndak tau apa-apa,bhsanya terlalu tinggi bagi sy..
    semuanya blm sy mengerti…bisaki’ kerumahQ..?

  3. hahaha…masa’ sih bahasanya tinggi? Emang sebenarnya tulisan yg nggak pernah aku rekomendasikan utk orang yang mengalami masalah dg tema, ada versi final dari tulisan ini yg bisa lebih mudah utk dipahami, coba kamu baca yg di https://labuberbulu.wordpress.com/2010/03/21/penyebab-tema-tak-bisa-dihapus-dan-cara-mengatasinya-final/

  4. om phytonS60 nya ngak mo di instal di hp saya.,,

    gimana caranya om.,?

  5. Bos gimana cara aktivasi serial number theme diy dari zensis?

  6. ehemm
    masih belum paham ne..
    gimana donk…

    • hmm…emang byk yg puyeng dg tulisan ini tapi melaty coba tulisan yg satunya di http:// labuberbulu.wordpress.com/2010/03/21/penyebab-tema-tak-bisa-dihapus-dan-cara-
      mengatasinya-final/

  7. mas kok saya instal bbrpa aplikasi,jdi lemot,trus sya soft restart,trus pas sya lht di mnjr apikasi, aplikasinya nygkt di krtu memori dihps lwt pc/hp ttp gak bisa mohon bantuannya plisss

    • kalau soft reset aplikasi dan data2 lainnya ga akan kehapus hanya settingan hp saja yg berubah ke settingan awal, hapus lewat manager aplikasi saja

  8. om, gimana ni..
    pas mau install aplikasi apapun, pas mau pemasangan kok kagak jalan pas mau finish….
    terkadang muncul teks “TIDAK DAPAT MENGINSTALL”

    WHHYYYY….????

  9. cara mengembalikan firmware yang ilang gimana ea mas,
    Soalnya heloox saya tidak bisa berjalan.
    Klo mas berkenan sms saya di 083196316576.
    Sblumnya makasih ea mas..

  10. nas herman-.
    Aplikasi apa mas yang mau dipasang ?

  11. kok setiap install tema ke hp jwbnx sllu “kesalahan sertifikat, silahkan hubungi penyalur ??”

  12. bang HP ane udh ke hack, trus ke hard reset, dan ke hack lagi, tpi menginstal aplikasi masih ada kesalahan sertifikat ya bang?

  13. Tengkyu banget Artikel dan semua jawabannya di kotak komentar. Sekarang E63 Q sudah bisa dipasangi tema. Kalau ada yang sobat lain yang ingin mencari tema, sy sarankan di phone.mobile9.com dan ownskin… happy blogging………

  14. Ada yg tahu ga’ dimana mencari aplikasi file explorer semacam fileman dan seleQ untuk E63 ?

  15. ini gs ngerudsk pondel kan?

  16. ada yang tau gak?
    Kenapa hp nokia e63 saya kalo instal aplikasi selalu gagal. Keterangan nya ” unable to install ”. Padahal minggu kemarin lancar, sekarang saya gak bisa ngapa2in. Padahal banyak aplikasi yang ingin saya instal. kira2 apa yang harus saya lakukan.
    Please mohon jawabannya !

  17. Masalah yg saya hadapi sm dengan HERMAN dan YAZA
    khusus x-plore ma opera mini selalu muncul “Unable to Install” tiap mw selesai install ..
    begini kejadiannya ..
    sebelumnya tdk ada masalah, krn lupa d exit 2 aplikasi itu trz hp mati krn lowbet pas d idupin lg 2 aplikasi itu ilang, pas install lg br dh muncul “unable to install”.
    knp yah ?
    mohon bantuan’a, udh cari ksna ksni g ktmu ..

  18. bang bos…mohon infonya…N E72 pas diidupin selang 30 detik selalu keluar kata kata VHOME SCREN…udah dicoba dicabut keypad nya tetep aja muncul..mohon bantuannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: