Menghapus Tema Symbian S60v3

Sebelum mengalami sendiri saya enggan menulis masalah ini walaupun ada beberapa orang yang masuk ke blog ini diantar search engine dengan keyword ‘cara menghapus tema Nokia E63’. Akhirnya – tanpa sedikitpun berharap ini akan terjadi – sekitar 4 hari yang lalu saya mengalami sendiri ‘misteri’ tersebut setelah melakukan hard reset sekaligus format kartu memori, tema – tema yang saya pasang tidak muncul di Manajer Aplikasi.

Kalau kita membuka installer tema, kita akan melihat bahwa komponen – komponen dari tema itu terbagi di folder Private | 10207114 | import | kode-tema dan Resource | skins | kode-tema. [Sebutan ‘kode-tema’ itu hanya sebutan saya saja karena saya tidak tahu bagaimana menyebutnya😉 ]. Artinya untuk menghapus tema yang tidak tampak di Manajer Aplikasi, kita bisa menghapusnya secara manual di dua folder tersebut.

Berikut Langkah – Langkahnya :

1. Untuk ponsel yang sudah di hack kita bisa langsung menghapusnya menggunakan file manager ponsel seperti X-plore. Kita asumsikan instalasi tema ada di kartu memori. Masuk ke folder Private | 10207114 | import | kode-tema, di dalamnya ada berkas bernama themepackage.skn. Sorot berkas .skn itu dan buka menggunakan hex veiwer bawaan X-plore untuk mengetahui nama tema yang terkandung di dalamnya agar kita tidak salah menghapus tema. Hapus saja sekalian bersama foldernya tapi sebelumnya ingat baik – baik nama folder tersebut. Yang diingat cukup dua/tiga karakter di depan/belakangnya saja.

Langkah 1

2. Pergi ke Resource | skins | kode-tema. Hapus folder yang bernama sama dengan yang tadi dihapus di folder Private. Kalau ternyata lupa nama foldernya coba klik berkas themepackage.mbm yang ada di sana. Sayangnya tidak semua berkas .mbm itu bisa dilihat karena tidak semua tema menyimpan gambar background temanya di berkas .mbm tersebut. Sampai di sini penghapusan tema boleh dibilang selesai tapi belum sempurna.

Langkah 2

3. Masih di kartu memori, akses folder Sys | Install | sisregistry, jika semua UID tema belum dimodifikasi maka cari folder a00000eb. Semua file .ctl tema berada di folder ini. Gunakan hex viewer untuk melihat isinya, untuk memastikan tema mana ‘pemilik’ berkas .ctl itu. Jika sudah ketemu silakan dihapus file .ctl-nya.

Langkah 3

4. Masih di dalam folder Sys, buka subfolder uninstall cari folder a00000eb_0000000x (‘x’ bisa berarti 1, 2, 3 atau mungkin berupa huruf dan ingat baik – baik angka/huruf apa di x-nya). Seberapa banyak tema yang diinstal sebanyak itu pula folder a00000eb_0000000x ini dan lagi – lagi itu jika semua UID tema belum diubah. Untuk mengetahui berkas .log mana yang harus dihapus gunakan hex viewer. Di dalamnya tidak tercantum nama tema tapi hanya berisi lokasi berkas – berkas komponen tema, yang jadi petunjuk di sini adalah kode tema. Kalau sudah menemukan hapus bersama foldernya.

Langkah 4

5. Sekarang arahkan tujuan ke drive C (memori ponsel), buka folder Sys | Install | sisregistry. Lakukan seperti pada langkah no 3, disini selain menghapus file .ctl kita juga harus menghapus file .reg.

Langkah 5

6. Lakukan seperti langkah no 4. Folder yang akan dihapus, namanya sama persis dengan nama folder yang telah dihapus di kartu memori pada subfolder uninstall. Seperti yang saya katakan di atas, ingat saja angka/huruf apa yang ada dipaling akhir setelah 0000000…, karena file .drv yang ada di dalamnya tidak memberikan petunjuk apa – apa. Selesai dan sempurna🙂 .

Langkah 6

Adapun cara menghapus tema ‘siluman’ di handphone S60v3 yang masih perawan, kita harus menggunakan komputer. Hubungkan ponsel dengan komputer dan pilih mode mass storage untuk memfungsikan ponsel sebagai card reader atau langsung menggunakan card reader. Caranya sama seperti cara di atas, dari langkah no 1 – 4 tanpa no 5 dan 6. Sedangkan untuk membuka berkas .skn, .log dan lainnya gunakan text editor/hex editor. Jangan lupa men-set komputer untuk menayangkan folder tersembunyi.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 17 Februari 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. Thanx , gan nie inpo terlengkap yang ane baca dari seluruh topik yg sama..

    • Makasih kembali Smart, bermasalah dengan tema ya? Hmm..tema di s60v3 memang slalu bikin repot. Sebenarnya saya sudah ketemu inti permasalahannya tapi belum ada waktu untuk membuatnya menjadi tulisan. Makasih udah mampir dan jangan jera🙂

  2. pusiengg gan,,,
    hehehheh

  3. mas mau tanya gimana caranya menghapus games / aplikasi yg susah di-uninstal .???
    saya pake nokia e63 ..

    • Cuma susah kan Pi, tapi masih bisa diuninstal kan? Hahahaha… Eh ngomong2 aplikasi yang mau dihapus itu apa sih? Bukan malware kan? setau saya menghapus apl atau game di s60v3 itu lebih gampang dari versi sebelumnya karena bisa diuninstal langsung lewat ikon di menu tanpa harus masuk ke manajer aplikasi.

  4. ga bisa dy cuma loading menghapus doang tp ga lama kemudian muncul tulisan “penghapusan telah gagal” .
    saya mau hapus game devil may cry gara2 game’a ga bisa kebuka .
    saya instal’a di memori tlp .
    gimana cara unistal’a ya .??

  5. ga bisa dy cuma loading menghapus doang tp ga lama kemudian muncul tulisan “penghapusan telah gagal” .
    saya mau hapus game devil may cry gara2 game’a ga bisa kebuka .
    saya instal’a di memori tlp .
    gimana cara uninstal’a ya .??

    • Pipi, kalau E63 kamu udah dihack kamu bisa menghapus gamenya secara manual seperti cara menghapus tema ini Pi. Tapi kalo ponsel kamu masih perjaka (anatomi ponsel tergantung yang punya, ya kan Pi?😆 ) terus terang saya juga ngga tau. Ma’af banget Pi nggak bisa bantu

  6. Gmn klw file jar, tmpatx dmna ? Sy prnh instal opera mini u/ tipe ponsel tmn sy di hpku tp stlah itu giliran opera mini tipe hpku g bs lg pdhal sblmx bisa. Mgkn msh ada file sisa yg trtinggal.

  7. Nice info sob! tapi beruntung saya belum pernah mengalami nasib seperti diatas, kalau emang bener saya mendapat masalah seperti ini, cara sobat akan coba aq pakai.
    BTW saya pernah ngalamin seperti kasusnya kang Imran, tapi aplikasi jar yang susah terhapus yaitu aplikasi KBBI mobile, dan saya coba cara disini http://symaks.blogspot.com/2010/05/cara-menghapus-aplikasi-yang-tidak-bisa.html, dan ternyata berhasil!

  8. Thank….sudah aku coba ok bgt….

  9. makasih kembali dan senang bisa membantu🙂

  10. kok nggak mau dihapus fodernya?

  11. trimakasi banyak mas vpat. Lengkap banget dan berhasil.
    Kapan mas vpat update blog lagi?
    Saya sukses moding ege saya berkat blognya mas vpat.

  12. ijin copy paste ya bro……..??????

Tinggalkan Balasan

