Mengganti Dan Mengatur Volume Startup Tone E63 (S60v3)

Tidaklah sulit untuk mengganti suara khas startup tone (nada yang muncul saat ponsel booting) Nokia dengan tone yang lebih kita sukai. Yang penting ponsel sudah dihack. Untuk file tone-nya sendiri kita bisa mengambil dari suara startup tone komputer, lagu atau membuat sendiri baik dengan piranti lunak maupun perangkat keras.

Paling gampang adalah menggunakan fitur rekam pada ponsel. Startup tone tidak mesti berupa lagu, bahkan omongan atau suara apa saja bisa kita jadikan startup tone. Kita bisa membuat rekaman suara sendiri, anak, istri, suami atau pacar [yang lagi ngambek]😉 . Tapi jangan sekali – kali merekam orang terserang diare yang lagi on di toilet. Tahu sendirikan gimana suaranya hehehe…

Penting diperhatikan adalah durasi tone-nya, sebisa mungkin sama dengan durasi startup tone asli. Di E63 sendiri durasi startup tone-nya adalah 5 detik. Meskipun begitu lebih 1 atau 2 detik saja nggak masalah🙂 .

Nah, kalau kamu sudah dapat file tone-nya, kasih nama file tersebut Wakeup tone. Taruh file itu di E:\Sounds\Simple. Selanjutnya kita bahas cara menerapkannya diponsel.

1. Salin/copy berkas 101F8763.txt di Z:\Private\10202be9 ke C:\Private\10202be9.

2. Sunting berkas tersebut dengan menggunakan Dedit atau text editor X-plore.

3. Bagian yang harus disunting adalah pada :

0x3 string “Z:\\system\\sounds\\Wakeup tone.aac” 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail

menjadi seperti ini :

0x3 string “E:\\Sounds\\Simple\\Wakeup tone.wav” 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail

Soal format tone tidak mesti seperti diatas, sesuaikanlah dengan format tone yang akan kamu gunakan. Jika misalnya pakai tone .mp3 buat menjadi Wakeup tone.mp3. Berhati – hatilah melakukan penyuntingan karena ini hal sensitif, antara nama di skrip dan nama file suara yang akan kita pakai harus benar – benar sama persis. Jika di skrip menggunakan spasi atau huruf kapital maka demikian pula nama file suaranya.

4. Simpan dan selesai.

Sekarang coba matikan dan hidupkan lagi ponsel kamu untuk mendengarkan startup tone yang baru. Jika suara yang kita inginkan sudah mengalun namun suaranya kurang kenceng, sunting lagi berkas 101F8763.txt di C:\Private\10202be9 tadi.

Untuk mengatur volume startup tone, bagian yang harus disunting adalah pada :

0x2 int 4 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail

Ganti angka 4 dengan angka yang diinginkan, level maksimumnya adalah 9.

Contoh komplitnya seperti di bawah ini :

cenrep
version 1
[owner]
0x100059C9
[defaultmeta]
0
[platsec]
cap_rd=alwayspass cap_wr=WriteDeviceData
[Main]
0x1 int 1 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail
0x2 int 7 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail
0x3 string “E:\\Sounds\\Simple\\Wakeup tone.wav” 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail
0x4 string “” 16777216 cap_rd=alwayspass cap_wr=WriteDeviceData
0x5 string “” 16777216 cap_rd=alwayspass cap_wr=WriteDeviceData
0x6 int 0 16777216 cap_rd=alwayspass cap_wr=WriteDeviceData
0x7 string “” 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail
0x8 string “” 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail
0x9 string “” 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail
0xA int 1 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail
0x101 int 30000 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail
0x102 int 0 0 cap_rd=alwayspass sid_wr=0x100059C9
0x103 int 5 0 cap_rd=alwayspass cap_wr=alwaysfail

Selamat berdendang🙂

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 16 Maret 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. Untuk startup, ogut udh bisa. Kl untuk layoutnya bisa kgk bro..??
    Pusing ogut ngoprek2 yg 1 ini, tp g pernah berhasil, baik itu cara manual / cara otomatis.
    Mlh gara2 mslh ini, hp ogut terpaksa dihard reset gara2 layar ngeblank putih lama bgt.
    Kl ada tlg dishare ea bro..
    Thx before..

    • Maksudnya mengganti gambar startup kan? Kalau memang itu, bisa An. Rencananya kemarin setelah posting tentang Startup tone mau disambung sama mengganti gambarnya startup tapi malah mendahulukan tulisan yang lain. Tunggu deh…insya Allah🙂

  2. Oke bro, ditunggu..:)

  3. mw tanya. . . ! kalau buat s60v2 bisa bekerja gak tips di atas,,,

    • nggak bisa mas Fivers🙂 karena antara s60v2 dan s60v3 ada perbedaan yang cukup signifikan baik dari segi kemampuan, fleksibelitas maupun file systemnya. Kemarin waktu pakai N70 saya mencoba berbagai cara untuk melakukan modifikasi tapi tak ada satupun yang berhasil selain hal – hal yang standar saja.

  4. mas mau tanya.. di hp saya g ada Z: yang ada hanya C: dan E:
    mohon bantuannya gmana cara menampilkan Z: nya

  5. mas cara ngedit tulisannya gimana mas?

    • Kalo kamu mau pake X-plore, sorot file teksnya lalu tekan tombol I, edit lalu tekan Save dimenu. Oya jangan lupa setting encodenya pake UTF 8, jadi (masih di X-plore) sebelum edit filenya tekan dulu tombol G/5, cari settingan text coding nah disitu kamu pilih utf 8 lalu tekan Back baru kemudian filenya teksnya diedit. Tapi kalo nggak mau repot ngedit kamu instal aja Stals, cuma aplikasi harus pake Python jadi kamu instal Python biar dia bisa jalan. Link download Stalsnya ini http://www.4shared.com/file/d9TzGvFs/StAls_v305.html

      -original message- Subject: [VPATology] Komentar: “Mengganti Dan Mengatur Volume Startup Tone E63 (S60v3)”

  6. y mas dh bsa….mksih y mas…oy mas da file2 yg buat gmbar startup ga mas?

  7. Malam mas, makasih banyak info’y mas.. Oya mas kl nada tombol e63 suara’y bisa di ganti ga ?
    trim’s

  8. bang vpat kalo suara musiknya gmna bang?

    apa sebenernya filenya edit suara ada di z://private//10202be9 juga..?

    \(´▽`)/

  9. mantappppppppppp partamaxxx ane penggemar modding sama master vpat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: