Menambah Jumlah Simbol atau Karakter Khusus Di Ponsel S60v3

Anda ingin menambahkan karakter atau simbol seperti ini ★♪♫♠♣♥©®™ dan masih banyak lagi di ponsel anda? Mau? Mari kita mulai.

Persiapkan tool

.

1. Download dan instal X-plore. Kalau sudah punya lewatkan.

2. Download dan instal MobileHex.

Tips1 : MobileHex membutuhkan Python untuk bisa beroperasi.
Instal Python S60 dan Script Shell di kartu memori sedangkan module packnya pasang di memori ponsel/internal.
Sebab MobilHex ini secara default terinstal di kartu memori.

Tips2 : Ganti bahasa default MobileHex yang Russian ke English dengan mengklik ‘Language RU’ di menu lalu restart aplikasi (bukan hape).

3. Download dan ekstrak patch More Symbol ke E:\Patches.

4. Download dan instal Symbol Paster (Python)

Tips : Selain dari Symbol Paster kita bisa meng-copy simbol – simbol tambahan dari program office di komputer atau dari situs www.copypastecharacter.com.

5. Gunakanlah/pasang font unicode + multibahasa pada ponsel anda agar tampilan font pada aplikasi berbasis Python tidak kotak – kotak dan agar semakin banyak simbol yang bisa anda dapatkan.

Langkah – langkahnya

1. Jalankan X-plore, salin file Avkon.rxxx di Z:\Resource ke C:\Resource. Atau bisa juga untuk proses editing, salin dulu ke sebuah folder di kartu memori sebelum ke tujuan akhir di C:\Resource.

Tips : Jika ponsel menggunakan Bahasa Indonesia pilih Avkon.r327 dan jika pakai bahasa Inggris pilih Avkon.r129 (untuk FW APAC).

2. Jalankan MobileHex dan buka file Avkon.rxxx tadi. Setelah terbuka klik tombol Fungsi + 5. Untuk ponsel non-qwerty cukup tekan 5 saja.

3. Gulir ke bawah dan temukan baris 204.1 atau 204.2. Untuk E63 menggunakan baris 204.2.

4. Klik baris tersebut dan masukkan simbol – simbol baru yang mau ditambahkan.

Tips : Jangan menggunakan pop-up editor yang muncul saat kita mengklik baris tersebut, karena simbol yang bisa kita masukkan menjadi sangat terbatas. Jadi cancel saja saat pop-up editor itu muncul. Pastekan saja simbol yang telah kita copy ke bidang berwarna putih dimana simbol standar ponsel berada. Buatlah simbol tersusun per paragraf. (Dengan cara seperti ini kita bisa memasukkan hingga banyak simbol baru. Maksimalnya sekitar 255 karakter).

5. Klik Ok untuk menyimpan berkas dan tutup MobileHex.

6. Masuk ke X-plore dan letakkan berkas Avkon.rxxx tadi di C:\Resource jika sebelumnya anda tidak meletakkannya disana.

7. Buka ROMPatcher, aktifkan dan add auto patch More Symbol.

Tips : Bisa jadi patch ini menjadi opsional karena saya sendiri pernah mencoba tanpa patch dan trik ini tetap bisa berjalan dengan baik. Umumnya E63 tidak menggunakan patch bila yang dimodif adalah file resource (.rsc/.rxxx)

8. Selesai dan restart ponsel anda.

Sekarang coba buka text editor atau sms editor untuk melihat apakah tabel simbol standar sudah berubah menjadi tabel simbol tingkat lanjut. :cool:

Untuk mengembalikan ke tabel simbol standar, rename folder Resource lalu hapus file Avkon.rxxx, jangan lupa merename kembali folder Resource ke semula lalu restart ponsel.
Jika dengan cara ini tidak berhasil, ganti bahasa ponsel ke bahasa yang lain atau ubah atribut file avkon.rxxx menggunakan X-plore dengan mengklik tombol T lalu centang kotak System kemudian tekan Change di softkey kiri. Selanjutnya hapus file avkonnya.

(makasih buat Shizuka & Rere Queen)

Baca Juga Tulisan Menarik Lainnya :

About these ads

Tentang mALiKi

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 24 Maret 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 436 Komentar.

  1. Mas , kalau mau ngedit symbol nya gimana ? Semua cara diatas udh kulakuin , nah tinggal ngedit lagi deh

  2. sertifikatnye banyak yg failed coy

  3. hp q kan 5630 c klw d instal aplikasi sis gug bsa n slalu mncul tulisan salah pembaruan
    nie solusinya gmna gan

  4. menambah type tampilan menu utama mas..

  5. izin post di blog ane ya bang.

  6. Bro avkon.rxx ga ada tuh adanya avkon2.mbm sama avkon2.mif, mohon pencerahan.

  7. cara pasteny gmn gan ? help me newbie ..

  8. mas, hp q e63 tp kok setelah tak install mobilHex tp kok tdk bisa dibuka,, la terus ginama caranya ganti bahasa yang Russian ke English ? jika mobilHex tdk bisa dibuka?
    tolong bantuany
    trimakasih

  9. mas hp e63ku udah dihack ……..tapi koq proses instal pythonnya macet ditengah jalan………tolong solusinya…..

  10. ijjin comot buat d blog ane ya gan

  11. boz kalo n73 copy pastenya symbol gmana ..?? mmetti disitu aq ,,, kan gk support copas…

  12. Bagus Gan….
    mampir di blog ane gan http://www.bonzarcheat.blogspot.com
    Trimaksih ats ifo nya… ^__^

  13. bg xx mna cra nya nstal aplikasi ni…..??
    orang dh cpek2 nstal gk bsa2…..??

    Tlong ksih tau cra nya bg ‘@…..??

  14. gan, semua cara udah dilakukan, udah copy ke C:\resource, udah apply patch more symbol dan berwarna ijo, udah restart, file yg diedit juga udah sesuai bahasanya (inggris = 129 kan?), tapi kok gak ada perubahan yaa.. saya pake symbian 3rd FP2 E75

  15. iphur nda ndi ndu

    kenapa setiap selesai d instal selalu keluar google map?? Tolong bantu

  16. ni orang cuma copas doang… Nggada tanggung jawab

  17. gan,
    hp ku kok ga ad folder znya di x-plore, cuma ad y aj,,?

  18. knpa aplikasi’ny gak bsa d’download yya…

  19. G Mna cara nya tuh Make Pyton ?? Sy Buka Mobilehex qok eror sich ??

  20. Guys pnya ane nokia 5630xm, stlah copy, trus waktu pasteny yg d tekan toMbol pa, kLw qwerty kn shift c tp nOn qwerty tekan pa guys, , ?

  21. cara biar bsa kmbali lgi milihnya di open file itu dri awal caranya gmna gan ? msal
    open file trus pilihannya itu ada E:,C: dll
    krna sblumx di pencet open file msukx ke tmpat yg trakhir sy buka trus di pncet kanan kmbali ke paling awal. di pilih open file kmbali lgi ke tmpat yg trakhir dibuka.bgtu seterusx

    tolong solusinya gan

  22. ne ora izoh ngotak~atek hp ra usah’ nimbang tokan takon bae.ᒇᒆᒅᒄᓌᓋᓄᓅᓆᓇᒪاᒣ♀♂▲▼☼♀♂ᔁ⠖⠗⠓⡮⡯⡰⡱⡲⡳ᒗᒙᒚᒛᒜᒝᒞᒟᒠᒡᒢᒣᒩ

  1. Ping-balik: 46. Nokia E63 || Menu Favorit by Firus || Part I « Firus By Hacker© Catatan Pengalamanku bersama Nokia E63

  2. Ping-balik: Update Teks Funky di Nokia E63ku « Ottak Kacco EGE Lovers

  3. Ping-balik: Menambah Jumlah Simbol atau Karakter Khusus Di Ponsel S60v3 | jepiirawan81

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: