Mengganti Gambar Shutdown E63

Gambar shutdown adalah gambar yang tayang saat kita mereboot atau mematikan ponsel. Di ponsel – ponsel Nokia gambarnya hanya berupa tulisan Nokia berwarna biru dengan latar berwarna putih. Ada beberapa tipe ponsel Symbian S60v3 yang gambar shutdownnya bisa diganti, termasuk diantaranya adalah Nokia E63 yang tentu saja sudah dihack.

Silakan download ShutdownImage+PatchE63.zip.

Di dalam file zip ini berisi dua buah gambar untuk tampilan shutdown dan splashscreen tapi karena di E63 mengubah splashscreen sepertinya belum bisa maka gambar tersebut bisa digunakan untuk gambar shutdown dengan terlebih dahulu mengubah namanya menjadi SysAp. Didalamnya disertakan pula patch ChangeShutdown Image.rmp. Cara mengaplikasinya, letakkanlah file SysAp.mif di C:\Resource\Apps. Sedangkan patch ChangeShutdown Image.rmp ditaruh di E:\Patches. Aktifkan dan add to auto patch tersebut lewat ROMPatcher.

Kalau menginginkan tampilan yang lebih pribadi lagi, kita dapat membuat sendiri gambar shutdown ini dan tidak memerlukan komputer alias bisa dibuat langsung di ponsel.

Untuk membuat file .mif kita membutuhkan sebuah gambar berformat .svg (vector). Disini kita tidak akan membuat langsung gambar .svg tapi sebagai pendahuluan kita hanya membuat sebuah gambar biasa berfomat .jpg atau .png. Kelak gambar ini akan kita konversi ke gambar .svg.

Bahan untuk gambarnya bisa diambil dari foto atau gambar apa saja. Kita dapat menggunakan Image Designer untuk mengolahnya. Gambar yang dibuat harus memiliki resolusi 320×240 px (sesuai resolusi layar ponsel). Simpan dalam format .jpg atau .png.

Konversi gambar tadi ke format .svg menggunakan MIF Maker atau bisa juga menggunakan MIF Tool atau menggunakan SmartSIS. Setelah dikonversi, rename gambar .svg tadi menjadi dump0001.svg. Masih menggunakan MIF Maker atau MIF Tool atau SmartSIS, packing file dump0001.svg menjadi file .mif. Lalu rename file dump0001.mif menjadi SysAp.mif.

Langkah selanjutnya sama seperti diatas, letakkan SysAp.mif tersebut di C:\Resource\Apps lalu apply + add to auto patch-nya di ROMPatcher.

Semua tool yang digunakan dalam proses pembuatan gambar shutdown ini seperti Image Designer, MIF Tool, MIF Maker dan SmartSIS merupakan aplikasi berbahasa Python jadi pastikan ponsel sudah terinstalasi interpreter Python S60 dan jangan lupa menambahkan Mega Py Module Pack atau Extra Power Module Pack (modul pack-nya pilih salah satu saja).

Download MIF Maker.

Download Image Designer v 1.36d.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 3 April 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. balikin ke default ny gmn bro?

    • Randhy, kalo kamu pakai Startup yang diinstal, kamu masuk ke Manajer aplikasi trus dihapus. Tapi kalo pake cara manual, menghapusnya juga dengan cara manual.

  2. wah ud lama gak main ke sini,
    mau nanya mas,,
    kalau convert svg ke jpg pake apa y?

  3. Mas vpat image designernya kug gk bsa di instal..?? Muncul pringatan Terlambat sertifikat gt… Knp maas??

    • Terhambat sertifikat ya…kamu remove aja dulu signnya pake FreeSigner baru kemudian di sign dgn sertifikat kamu sendiri. Eh…hape kamu belum dihack yaa?

      -original message- Subject: [VPATology] Komentar: “Mengganti Gambar Shutdown E63”

  4. Mas vpat hp q udh dihack kug… kn kmrn udh sukses hacknya…🙂

    ID nya dh brhsl q instal mas.. Aq mundurin tglnya trs q instal udh bs kug… oiaah tp gk smua sis bs di instal ya mas?? Cz kmrn instal multiciboard.sis gk bs.. File tdk didkung..

    • Biasanya kalo udah dihack ga ada lho pesan error tentang sertifikat kayak gitu. Kamu udah aktifkan patch Open4All nggak?

      -original message- Subject: [VPATology] Komentar: “Mengganti Gambar Shutdown E63”

  5. Boz postingkan aplikasi facebook official web untuk hp e63 dong, saya benar2 frustasi karena gak login di aplikasi itu. Alasannya sih invalid api key padahal api bridgenya bawaan dari aplikasi tersebut walaupun api bridgenya di ganti dengan versi yang terbaru tetap aja gagal.mohon pertolongannya ya mas.thx

  6. mas..update juga dong..skin shutdown,nya soalnya goe gk isa buat sendri..

  1. Ping-balik: 19. foto berbasis .Mif untuk splash screen dan shutdown di E63 (320×240) « ⢇ Firus By Hacker's® From Binuang (Sirkuit Balipat)

  2. Ping-balik: 46. Nokia E63 || Menu Favorit by Firus || Part I « Firus By Hacker© Catatan Pengalamanku bersama Nokia E63

  3. Ping-balik: Moding Belum Ada Judul « gepengmilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: