Trik Menyimpan File Installer Yang Didownload Via Browser Default (S60v3)

Masih suka menggunakan browser bawaan ponsel untuk download aplikasi, game atau tema? Jika ekstensinya .sis atau .sisx saya punya cara agar file installernya/file mentahnya tersebut bisa disimpan sehingga jika kita melakukan hard reset atau format memori atau terjadi hal yang tidak diinginkan kita tidak perlu lagi mendownload untuk instalasi ulang.

Dan yang tak kalah penting jika aplikasi yang didownload unsigned maka gagal dan percuma saja download dan instalasi yang akan kita lakukan jika tak menyimpan installernya untuk melakukan signing. Nah dengan trik seperti di bawah ini, hal tersebut bisa diatasi.

Pertama, siapkan sebuah file manager seperti X-plore dan siapkan pula sebuah folder khusus untuk menyimpan file installer.

Kedua, saat proses download sedang berlangsung, jalankan X-plore dan cari file yang sedang kita download tadi di C:\ atau E:\System\dmgr\10008d39\contents\. (khusus untuk folder dmgr yang ada di drive C, selain folder 10008d39 masih ada 2 folder lainnya yang memiliki subfolder yang sama tapi saya belum tahu fungsi kedua folder tersebut). Jika sudah ketemu tetapkan posisi kita difolder tersebut dan biarkan foldernya tetap tertutup.

Ketiga, kembali ke browser, biar berpindahnya lekas tekan tombol Home/Menu agak lama lalu pilih Web.

Keempat, saat proses download selesai dan muncul pertanyaan untuk melakukan instalasi, tekan lagi tombol Home/Menu agak lama dan masuklah ke X-plore.

Kelima, salin file yang didownload tadi dan paste-kan ke folder yang telah disiapkan.

Keenam, kembali ke browser dan lakukan instalasi. Selesai.

Karena perbedaan cara instalasi, aplikasi atau game berplatform Java (.jar) tidak bisa diperlakukan seperti cara di atas. Tapi tidak mas ‘alah karena kita bisa menemukan installer aplikasi Java di folder Private (hanya untuk ponsel yang dihack) atau System > MIDlet (S60v2).

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 17 Mei 2010, in Ponsel Symbian and tagged , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. tuh kan,,,
    Dtg lg,,,
    X ni mw nanya ttg hp nokia 6303,
    tmanQ trtarik liat font2 d hp Q tpi hpnya g’sma,,,
    bsa g’y gnti font jg???
    D answer y…!

    • Hai Moly, selamat datang kembali… Nokia 6303 termasuk s40v6 (Java/Nokia OS), mungkin fontnya bisa diganti cuma aku belum tau caranya karena ga punya nokia s40 dan tadi aku cari2 di internet ga ada yang membahas masalah ini. Jadi sorry banget ga bisa bantu temen kamu Mol.

  2. d bantu y mas,,,

  3. oya,Oot tu apa mas?
    MkLum g KuPer nie skRg,,,

    • OOT itu singkatan dari Out Of Topic, contohnya ya seperti yang Moly lakukan sekarang, hahaha…berkomentar ttg font dihalaman yang membahas masalah browser dan download tapi ga papa kok…itu bukan suatu keharusan

  4. hehehe,,,
    Merah ne muka moly,,,
    Malu,,,
    SoAlny,dhlman laen dah pnUh siE,,,
    Jdi,dsni ja yg pnting bsa dblas,,,
    Oy,s’xan jalah nnya g,
    Mw nny,emotion e63,,,
    KoQ g’pna moly liat,ad g’sih?
    Bri taU donk,,,
    YaCh,,,!

  5. mas,jwbanny moly tggu,,,!

  6. wow, keren..aku dah lama mikir ttg trik ini..aku coba buka2 dchace ga ada…ternyata dsitu…hehehe..kalo aku selama ini pke ucweb akhirnya om..jadinya bs donlod file bertype apapun..termasuk *.exe untuk pc…anyway bravo untuk ilmunya?;)

    • rata2 browser pihak ke 3 emang omnivora, apa aja ditelen hihihi… nggak tau tuh kenapa vendor ponsel nggak bikin opsi simpan dibrowsernya padahal masih banyak yang suka pake browser bawaan

  7. Klo downloadY d’ovistore sama / g ?

    Tpi klo lwt ovi bz ndowmload y lngsng gtu j .
    G d p’mberiTahuN instalasi jg . .

  8. maaf bro mw tanya tolong djawab ya,,
    1.s60v2 os7 bisa ngak ya…..nyimpen file mentahan pake
    brwser bawaan..?
    2.knpa s60v2 os7 (7610) bisa instal aplikasi versi handler tp ngak bisa dibuka…?
    tolong djawab ya mas2….mbak2…thanks.

    • 1. Rasanya bisa Bib, saat mendownload coba kamu buka folder2 di system atau mungkin folder lainnya, seingat aku file ada di folder temp cuma aku lupa urutan foldernya.

      2. Seharusnya nggak ada masalah sebab yang handler cuma mengalami penambahan fungsi aja. Mungkin keliru memilih peruntukkannya aja. Tapi kalo memang udah bener dan selalu begitu coba dihard reset aja 7610nya.

  9. oww…iya file mentahanx ksimpen di midlet tp cuma (.jar) yg (.sis) gag da.
    wah klo di hard reset bakalan repot karna udah byk game n aplikasi penting yg udah terinstal n juga file mentahanx gak da.thanks bro jawabanx..

  10. mungkin ngak tentang aplikasi handler yg bs diinstal tp ngak bs dijalankan atau dibuka itu dikarnakan RAMx yg ngak kuat bro?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: