Merubah Kode Produk Nokia, Mencicipi Cita Rasa Firmware Untuk Negara Lain

Ada banyak alasan mengapa seseorang mengubah kode produk ponsel Nokianya, tapi yang paling utama adalah karena perbedaan waktu rilis firmware untuk setiap negara. Merubah kode produk ponsel Nokia atau istilah kerennya debranding atau unbranding bukanlah sesuatu yang mustahil dan bukan pula sesuatu yang sulit. Hanya dengan sebuah tool bernama Nemesis Service Suite (NSS) dan beberapa langkah pengerjaan, kode produk dari sebuah ponsel Nokia bisa disulap sesuai keinginan pengguna. Kode produk ponsel Nokia berbeda di masing – masing negara. Dan firmware untuk tiap – tiap negara atau ponsel di alamatkan pada kode produk tersebut.

Dengan memanfaatkan kinerja Nokia Software Updater a.k.a NSU yang mendeteksi ketersediaan firmware berdasarkan sebuah kode produk maka menjadi hal yang bisa dan biasa memasang firmware untuk regional atau negara lain ke dalam handset yang datang dari negara berbeda. Jika saat ini anda membutuhkan tutorial ini dan siap menanggung sendiri segala resikonya, silakan lanjutkan membaca dan memahami langkah – langkah debranding di bawah ini. Tetapi jika anda ragu dan tak mau mengambil resiko, dengan amat sangat, saya sarankan kepada anda untuk tidak melakukan pekerjaan ini.

Langkah demi langkah debrand :

1. Download dan instal Nemesis Service Suite (NSS)

Sewaktu instalasi NSS tetapkan pilihan pada opsi default yaitu Virtual USB mode.

2. Pastikan Nokia PC Suite atau Nokia Ovi Suite atau NSU tidak sedang jalan.

Jika salah satu dari ketiganya masih berjalan (dibackground), NSS tidak akan bisa mendeteksi ponsel (selalu error).

3. Koneksikan ponsel ke komputer dengan kabel data (USB) dan pilih PC Suite mode.

4. Buka Nemesis Service Suite.

5. Klik tombol Scan For New Device dibagian kanan atas.

6. Klik tombol Phone Info.

7. Klik tombol Scan.

8. Klik tombol Read.

Langkah ke 8 ini sebenarnya bisa dilewati namun jika ingin memastikan kode produk ponsel tidak ada salahnya untuk melakukannya.

9. Ketikkan kode produk baru di kolom Product Code.

Untuk mengetahui kode produk Nokia dari berbagai negara didunia sekaligus kode produk mana saja yang telah rilis firmware versi terbarunya gunakanlah Navifirm. Navifirm membutuhkan koneksi internet untuk mengumpulkan dan mengunduh data dari server resmi Nokia. Cara menggunakannya bisa dibaca di ditulisan sebelumnya. Dan sebaiknya pilihlah kode produk dari warna ponsel yang sama dengan warna ponsel kita.

10. Centang pada kotak cek Enable dan klik tombol Write.

Selesai dan untuk meyakinkan kode produk ponsel telah berubah tekan lagi tombol Read. Tutup NSS dan buka NSU untuk selanjutnya melakukan upgrade firmware.

Kalau mau mengembalikan ke kode produk semula lakukan hal sama seperti langkah – langkah diatas.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 30 September 2010, in Komputer, Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 36 Komentar.

  1. Wah,bos vpat makin mantab ja blogx. Dr dlu q slalu ikutin blog ne. Krn blog ne q jd bs otak_atik ponsel s60 v3 n v5. Thanks bgt boss.. Love u vpatology n sukses trzz…

  2. mas vpat makin hari makin keren,,,

  3. apa kah kodenya mesti yang APAC, takutnya nggak ada bhs indonya nanti,
    thx

    • Nggak mesti apac kalo pengen cita rasa euro atau mea kamu bisa coba cuma aku nggak tau yang mana yang ada Bhs Indonesianya. dan yang apacpun nggak semuanya ada bahasa Indonesianya. mungkin kalo ngambil yang utk singapura bisa ada bahasa Indonesianya.

      -original message- Subject: [VPATology] Komentar: “Merubah Kode Produk Nokia, Mencicipi Cita Rasa Firmware Untuk Negara Lain”

  4. thx mas, saya juga pikir gitu, tadi dah download yg singapura, cuman kodenya belum aqu rubah,
    thx banget mas,,,

    • Moga2 sukses Rul, ditunggu konfirmasinya. Sama – sama

      -original message- Subject: [VPATology] Komentar: “Merubah Kode Produk Nokia, Mencicipi Cita Rasa Firmware Untuk Negara Lain”

  5. Kalo firmwarenya negara arab, kira-kira ada bahasa arabnya ga ?

  6. hallo bang vpat, barusan aq upgrade lagi nih fw E63 ku. Aku pilih rm-437 501.21.001 vodafone. Aq cuma ubah code product original negara indonesia menjadi code product fw diatas(vodafone) di nemesis, tapi bahasanya mang gak terubah ke indo juga ya? Apa aku yg salah baca tutorialnya. Atau mungkin fw yg aku download sebesar 116mb itu memang gak berbahasa indonesia kali ya:D tapi sukur deh semuanya baik2 saja, hack pun lancar, install aplikasi pun gak ada yg gagal. Cuma 1 itu loh, bahasanya yg kagak aku ngerti, misalnya kalau mau modif menu grid kayaknya susah banget, nama file AppShell_Grid juga beda. Di fw400/410 angka dibelakangnya kan .o0012 (kalau nggak salah untuk english), kalau di fw501 ini .o0000,1,2,3,5 sampai o0018. Jadi bingung mana yg berbahasa inggris di situ. Jadi begitu bang vpat,, ada kekurangan dan ada kelebihannya gitu. Oh iya, fw501 yg aku pakai sekarang kalau abis booting muncul splash screen Vodafone, jadi kayak blackberry,, heheheh..

    • wah bisa ya pakai fw utk vodafone aku pikir kalo pakai yg dikhususkan utk operator tertentu nggak bisa dipakai buat operator lain…oya Bongkeng apa nggak ada masalah kalo kita menggunakan fungsi telepon dg fw vodafone misalnya sms, telepon atau ngecek pulsa?
      Biasanya bahasa Inggris itu 01.
      Bahasa Indonesianya emang pasti nggak ada, fwnya kan khusus utk para pengguna jaringan vodafone. Tapi kayaknya menarik juga…ada splash screennya ya

  7. normal mas. Semua fungsi telepon seperti biasanya. Cuma beda bahasanya aja. Malah tambah ringan buatku daripada yang kemarin sebelum aku install fw501 apac. Cobain mas, Xixixixixi…

  8. mas, waktu aku tahap ke 7. Scan device slalu error. Tata cara mas yang ajarkan sudah kulakukan. Apa yang salah ? Sebelumnya aku sempat ganti kode negara lain, sekarang aku mau ngembalikan ke kode semula ga bisa lagi.
    Tuluuuuuung …..

  9. eee … Salah mas, scan for product … error

  10. Mas,ko pas di read malah error nss nya?

  11. Mas,bedanya update dg pc,dengan lngsung di hp apa?dan kelebihan update di pc/hp.hp sya 5630Xm

  12. om pvat memang mantaaaaaapppp………
    berkat share2 nya saya jadi bisa ngutak atik e63 saya…..
    terus berkreasi om…….berbagi ilmu pengetahuan adalah amal jariah……
    selama orang masih menggunakan ilmu yang anda ajarkan,,,,pahala buat anda terus mengalir…..
    semangat……

  13. mas .. kalau hp saya itu udah sempet di format ke bentuk awal ya mas ,, nah abis itu yang ada malah ga bisa buka apa2 karna butuh kode ,, itu gimana ya mas ,, kodenya udah saya cba ,, trus make mastr kode juga udah ga bisa ..
    bantu saya ya mas

    • hp kamu e63 kan Nit? agak aneh memang sehabis diformat malah minta kode…yang ganti kodenya kamu juga kan? udah dicoba kode standar 12345? ok kalau semuanya udah dilakukan dan gagal, kamu bisa coba dgn hard reset 3 tombol, caranya : matikan hp, tekan dan tahan bareng tombol 3, green(call) dan bintang, kamu tekan kuat2 ketiganya kemudian hidupkan hp, beberapa saat setelah muncul tulisan Nokia baru kamu lepas tombol2 tadi. Kalau yg muncul pengaturan waktu dan zona berarti hard reset berhasil tapi kalau itu belum muncul kamu harus ulangi lagi. Mudah2an membantu

  14. punya artikel/tips/tutorial untuk downgrade firmware Nokia E63 ga pak? saya sudah coba upgrade sampai ke v501.xxx, saya merasa ga ada yg cocok.. saya mau kembalikan ke versi yg memang paling update untuk Nokia E63 (RM-437) Indonesia.. Tolong dibantu pak.. makasih..

  15. om mw tanya ni,hp aku e63 buatan asia o buat donlot koneksi 3G cma dpt speed rta” 46kb/s.klo fw drubah kira” speed koneksinya bsa bertambah g om?

  16. Om mw tnya jg ni,NSS running gk di NOKIA 7230?

  17. mas,,knp error padahal sudah saya non aktifkan pc suitex..
    mohon bantuannya…

  18. sudah ku ulangi tapi tetap error..
    Oia,,tidak ada pengaruh dengan firmware sehingga tidak masuk??

  19. bos, mau tanya nih, kalo mau menambahkan bahasa telepon di hape E63 gimana ya? Misalnya gini, Hape para TKW ( hape luar negeri) kan gak ada bahasa indonesia, nah agar di hape tersebut ada bahasa indonesianya langkah2 yang harus di lakukan apa aja, mohon bantuanya.

  20. thx, sukses update 5530

  21. maaf , ni mau tanya tolong minta jawabanya
    setelah product codenya di ganti hp langsung mati enggak , trs harus sudah siap firmware nya juga ya

  22. Kalau ada tulsan scan for product eror gimana ya mas,??

  23. artikel menarik , Afra

  1. Ping-balik: Merubah Kode Produk Nokia « Dicky2u's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: