Optimalisasi Kinerja Ponsel Symbian Dengan Aplikasi Cleaner


Kalau kita bekerja di ruang sempit tentu pekerjaan kita tak bisa optimal dan hasilnyapun dijamin tidak maksimal, apalagi jika yang bikin sempit itu adalah benda – benda yang tidak berguna. Pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cepat malah menjadi lambat. Demikian pula sistem operasi ponsel, jika ruang geraknya dibatasi oleh file rongsokan maka akan timbul masalah – masalah yang tidak diinginkan. Kinerja yang lamban, lemot alias lemah otak (idiotphone kalee) hingga muncul berbagai error.

Saya menemukan ada tiga aplikasi yang di program untuk membersihkan file sampah di ponsel kita. Ada G-Force, X-Clear dan SCleaner. Ketiganya bekerja di lingkungan Python dan memiliki cara kerja yang sedikit berbeda. G-Force bekerja secara otomatis, begitu diklik dan terbuka akan langsung melakukan scaning dan cleaning tanpa menawarkan opsi apa – apa. X-Clear bagi saya agak sedikit membingungkan, ketika memilih opsi Clean up tidak ada indikasi bahwa proses cleaning sedang berjalan dan idle dalam waktu yang cukup lama. Tapi opsi – opsi yang lain berjalan dengan normal. Hampir sama dengan X-Clear, SCleanerpun memberikan pilihan apa yang akan dibersihkan lewat daftar yang muncul ketika mengklik Cleaning > Options > Select list. Pada aplikasi ini terdapat daftar aplikasi – aplikasi yang autostart.

Dari secuil gambaran di atas anda bisa menentukan mana yang ingin anda gunakan diantara ketiga cleaner tersebut, jika ingin yang simpel tentu G-Forcelah yang menjadi pilihan, tapi ada baiknya untuk mencoba ketiganya. Setelah memasang salah satu (dua) dari ketiganya lakukanlah cleaning secara berkala sesuai ‘perlakuan’ anda terhadap ponsel anda. Yang gemar meramban, chatting, mengunduh atau mengunggah berbagai file di internet, yang gemar install/uninstall aplikasi dan modifikasi tentu harus lebih sering melakukan cleaning.

Download G-Force

Download X-Clear

Download SCleaner

Belum punya Python? Download di sini

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 18 Oktober 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 55 Komentar.

  1. mas saya sdh dpt sertifikat cer dan key dari s60cerkey.com,trus langkah selanjutnya gmn?
    Sekalian tanya caranya hack gimana ya?
    Maaf mas banyak tanya

    • selanjutnya instal SignSis lalu download HelloOX, sign kemudian instal dan jalankan. Link download dan cara hacknya bisa mas Cahyo baca ditulisan saya yg berjudul Cara Mudah Hacking Dan Unhacking E63

  2. mas, g-force nya saya install di E kok keluar peringatan (missing module recommended) itu kenapa ya mas

  3. sekarang sdh bisa bisa install G-force mas
    Terima kasih banyak atas petunjuknya mas

  4. Gan, x-cleaner gak jalan. Klo yg laen bisa jalan scan x. Masalah dimana yah! Klo versi 1.9 bisa gak yah? Thanks gan.

  5. salam knal bos,, mu nanya nih..?
    Knp N81 ga bisa d pasang aplikasi d atas? Pdahal aq dah hack & instal phyton.
    Solusinya gmn bos,,?

  6. mas vpat scleaner aqu dh gak bsa di buka lagi,padahal waktu pertama x aqu instal bsa trbuka,tp skrang dh gak mw trbuka lgi,
    Mas vpat tlong solusi@ biar scleaner di hp aqu bsa brjlan lgi..

  7. sukses dah buat VPAT. Ane bkin lancar2 smuanye,,, kinerja hp ane terkontrol terus.. Mantap dah

  8. kog G-Force, X-Clear dan SCleaner q. Smua g bisa di buka ya?.
    Tolong dong mas ..
    Hp q nokia e63.
    Tolong tunjukin ja langkah” pemasangannya scara urut.
    Pliese ….

  9. pas mau instal apl ,
    mas ko certificated error knp ya?

  10. mau tanya ne mas vpat saya sering pasang aplikasi n game tp setiap ku pasang game kok ga keluar ya cm aplikasi ja yg muncul…..seri hp ku e63
    trims di tunggu jawabanya…

  11. Salam Kenal…. mas mau tanya saya pake Nokia E90 masal atau tidak bila saya pakai memory card 8 Gb atau 32 Gb, sedangkan yang di recomendasikan dr nokianya cuma 4 Gb,,, makasi ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: