Menyisipkan Gambar dan Edit ID3 Tags MP3

Biasanya file mp3 yang didownload secara gratis atau dikirim via bluetooth dari ponsel teman atau yang didapat dari cd bajakan atau yang dibeli dari konter – konter ponsel di pinggir jalan mempunyai metadata atau ID3 tag yang tidak jelas dan terkesan asal – asalan. Bukan hanya akan membuat bingung tapi membuat daftar lagu di player jadi tidak sedap dipandangan mata. Memang pada pemutar musik ponsel Symbian OS 9 terdapat fitur untuk menyunting rincian lagu dan album art namun penyuntingan tersebut hanya sekedar pemanis di player saja bukan menyunting langsung pada file mp3 itu sendiri.

Nah, untuk melakukan editing label ID3 mp3 secara langsung pada filenya dan dilakukan di ponsel kita bisa menggunakan Mp3TagEditor. Selain dapat mengedit berbagai informasi seperti judul, artis, genre, komentar dll kita juga bisa meng-embed atau menyisipkan gambar ke dalamnya. Bisa gambar dari album lagu tersebut atau jika kamu tipe narsis😛 kamu bisa sisipkan gambar kamu sendiri.

Bahasa Rusia menjadi bahasa interface default saat pertama kali menjalankan aplikasi ini. Untuk merubahnya ke bahasa Inggris, tekan Options di softkey kiri, klik opsi keempat (no 4 ke bawah) lalu klik sub opsi kedua dan pilih English.

Editing bisa dimulai dengan menekan Options > Editor tags > pilih ID3v2 (karena lebih fleksibel, tanpa batasan dan agar bisa menambahkan album/cover art). Dengan serta merta aplikasi akan membuka folder SoundsDigital di kartu memori. Jika file – file mp3 milik kamu tidak ditempatkan di E:SoundsDigital kamu bisa merubah start path-nya melalui Options > Settings > Parameter > Start path.

Klik file mp3 yang ingin diedit, akan muncul label – label yang bisa kita edit. Penyuntingan bisa dilakukan langsung pada jendela label atau melalui Options > Edit Field. Untuk menyisipkan gambar tekan Options > Image > Add. Gambar – gambar album atau artis bisa didapat dengan mudah di internet. Cari saja melalui Google.

Kalau tidak ingin menambahkan gambar maka selesai penyuntingan klik Options > Save Informations > Record Up-(Quickly) tapi bila telah menyisipkan gambar maka semua penyuntingan akan tersimpan secara otomatis setelah proses penyisipan gambar selesai.

Ada kasus dimana setelah diedit dan disimpan, informasi yang tampak di pemutar musik masih seperti sebelum diedit maka hal seperti ini bisa diatasi dengan mengedit langsung nama file mp3-nya. Kemudian lakukan refresh di pemutar musik.

Download Mp3TagEditor (Python).

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 15 November 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. suka pake theme default ya bos?😀 hehe

    • iya aBank, aku orangnya cepat bosan, dulu suka instal banyak tema tapi nggak pernah bertahan lama, anehnya dg tema default aku malah betah hehehe…lumayan juga sih buat meringankan kerjaan hape

  2. IZIN SEDOT BOSS…

  3. gue suka nih yg ni cip cip
    lanjutkan,go bro vpat

  4. Bang, bahas fungsi smartsis

  5. Font apa yg d pake d srincut d paling bawah tu pat … Unik tuh … Mau donk

    • itu font bawaannya flipfont namanya equinox, emang bagus dan aku suka banget sama font ini tapi sayang yg original bukan multibahasa dan waktu nyari2 diinternet kaya’nya belum ada yg modif

  6. Oooo gitu ya bos😀 … Naksir banget ama tuh font … Wkwkwkwk …

  7. wah bagus juga nih app-nya.

    Tapi aku udah kebiasaan pake tagID-editor nya TTPOD.😀

  8. ulun umpat ma’isap aplikasi nya jua paman lah hihihi….😀

  9. di hp ulun kadada pilihan IMAGE nya paman ae….kada kawa ma’andaki gambar am….

  10. RUARRRR BIASAAA.. .. ..

  11. uda di instal , tp gk bs dibuka , ada solusi boz……….???????

    Oia miscal” donk ke nope nie 081911439486,,,,,, lam kenal boz ….???

  12. mas bro vpat, mbok bahas bagaimana edit skinnya pemutar musik bawaan e63..

  13. ni app bisa jalan di hape apa aja bos???

  14. boz tidak bisa dibuka, apa gue salah sambung atau memang nyambung, hahaha nyambungnya diponsel

  15. sob gimana cara hack e63 yg udah hardreset? Udah pake holloox ga bisa loadingnya lama sekali

  16. kukira aplikasi computer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: