Sekilas Tentang SmartSis

SmartSis adalah perkakas all in one, di dalamnya ada packer/unpacker file *.sis atau *.sisx (termasuk tema), ada signer/unsigner, ada konverter skrip Python ke *.sis, ada konverter gambar, ada mif maker dan ada editor otoritas/kapabilitas sebuah aplikasi. Bahkan SmartSis juga mampu menangani aplikasi dari Symbian S60v2. Saat ini SmartSis telah sampai pada versi 2.2.9 dengan peningkatan performa yang sangat signifikan dibanding versi sebelumnya. Proses packing yang jauh lebih cepat dan setting otorisasi yang dibuat dengan standar tertentu sehingga kita bisa tahu dilevel mana otoritas yang dimiliki oleh sebuah program.

SmartSis sangat mudah digunakan, tak perlu menjadi pro untuk memanfaatkan fitur – fiturnya secara maksimal. Berikut sedikit paparan tentang fungsi dari beberapa fitur SmartSis.

Unpack

Unpack digunakan untuk mengurai sebuah installer aplikasi, game atau tema yang terkompres dalam format .sis atau .sisx. Semua folder dan file didalam installer yang diunpack akan diletakkan di !:SmartSISUnpackedSymbian9(8)Nama_Installer. Untuk mengedit file atau folder installer kita masuk saja ke folder – folder tersebut.

Pack

Pack ada dua macam, packing manual dan otomatis. Packing manual biasanya digunakan untuk mengepak installer yang dibuat sendiri. Semua bahan dan struktur foldernya ditaruh dan dibuat di folder !:SmartSISUnpackedSymbian9AAPIG.

Adapun packing otomatis (via PKG) digunakan untuk mengepak aplikasi yang sudah jadi yang diunpack menggunakan SmartSis itu sendiri setelah proses penyuntingan.

Packing otomatis atau manual bisa dilakukan dengan mengubah Package Mode pada opsi Settings.

Signature

Sama seperti perkakas signer lainnya, signer di SmartSis-pun membutuhkan sertifikat. Di SmartSis file .cer dan .key harus diletakkan di E:SystemAppsSmartSISCert, kemudian diintegrasikan ke SmartSis melalui menu Settings. Di sana ada opsi Auto Sign yang jika dipilih Yes maka saat proses packing (saat pembuatan file .sis) installer akan langsung disign. Selain untuk mensign aplikasi yang dipack sendiri oleh SmartSis, bisa juga digunakan untuk mensign program – program unsigned. Namun berbeda dengan perkakas signer umumnya, SmartSis tidak membuat atau mengkloning file installer baru dengan embel – embel ‘signed’.

Py2 sis (2nd/3rd)

Py2 sis merupakan tool untuk mengkonversi skrip Python (.py) menjadi sebuah installer untuk ponsel s60v2 dan s60v3.

Pack 2nd

Pack 2nd, sesuai namanya tool ini digunakan untuk mengkompil program – program S60v2.

MIF Tools

Tool ini digunakan untuk membuat ikon atau gambar – gambar seperti gambar shutdown, splashscreen dll. Di dalamnya ada konverter dan packer/unpacker png/jpg ke svg, svg ke mif dan mif ke svg.

Authority operations (Altere32)

Pernah dengar X-plore All File? Mungkin bukan hanya pernah dengar tapi pernah instal. Nah kita juga bisa membuat sendiri seperti itu dengan fitur Authority operations yang di versi sebelumnya disebut Altere32 ini. Kita bisa menambah atau mengurangi otoritas sebuah aplikasi sesuai kebutuhan kita. Jika aplikasi yang diedit bukan open source gunakanlah untuk keperluan pribadi saja karena hal tersebut termasuk perbuatan ilegal.

Di SmartSis v 2.2.9 ini telah tersedia standar – standar otorisasi seperti General, Developer, Personal dan Crack disertai jumlah hak akses program pada setiap standar. Pengaturan otorisasi ini dibuat pada file eksekutor program (file .exe). Pengaturan ini tidak bisa dilakukan pada aplikasi yang sudah terinstal, jadi kita harus meng-unpack installer/masternya dulu lakukan pengaturan dan repack. Sementara fungsi Check RSC yang juga ada difitur otorisasi tersebut adalah untuk meregistrasi ulang aplikasi jika kita telah melakukan perubahan pada otoritas atau UID-nya.

Demikian secuil pengetahuan saya tentang SmartSis, hal – hal yang tidak saya jelaskan di sini silakan di eksplor sendiri.😛

SmartSis v 2.2.9

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 26 November 2010, in Ponsel Symbian and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 70 Komentar.

  1. Ooo,,gitu iah mazz,, tar quh coba deh,,,,makasih iah mazz,,,sukses selalu,,,wat maz vpat,,,,

  2. Hay maz smarsis yg 2.2.9 kok Gak bisa dibuka y?? tapi anehnya 2.2.6 bisa, walau begitu sy pengen sesuatu yang maksimal bwt hpku… dan semua syarat sudah terpenuhi, mulai dari pyton, modul pack dll udah q cba (instal smartsis dimana kamu instal pyton) juga sudah kulakukan. tapi tetap tdak bisa dibuka, begitu juga dengan animenu>>>>😦 tlong sarannya y maz d.tunggu.

    • aku baru ngerti bro kenapa banyak yg gagal dg SmartSis 2.29, ternyata sebagian besar source pythonnya secara default terinstal di E, makanya bagi yg instal Python di C pasti SmartSisnya ga bisa dibuka. jadi kalau memang tdk bertabrakan dg keperluan lain lebih baik Python+Script Shell kamu instal ulang di E dan modulnya biarkan di C dan rasanya itu bisa menolong Animenu

  3. mang riques tuto ganti icon tema pank pulang….,
    ulun sdh coba otak atik tp slalu gatot alias tema jd rusak😦

  4. Mas tiap aku mo nginstal aplikasi yg btuh’n phyton tpi ktrangannya
    Komponen”phyton for s60″telah hilang

    Maksudnya apa tuh mas

  5. cara dpetin module packnya gmn mas

  6. Mas module packnya dh di instal tpi ttp jja phyton hilang/ga bsa d bka

  7. kok,, gk di update lg gan.. Kmn aja?

  8. Lam knl………dari ane gan…
    Mas kasih tau cara setting SmartSisnya yg bener dunk?
    Soale Packingnya file sis,nya kagak bsa dipake alias error.
    Klu Unpacknya bsa.
    Trus apa emang SmartSis 2.2.9 Output Path di : D (RAM)
    Klu dipindah keMemory Card bsa ngk? Output Pathnya? Brow….????
    Makasih

  9. maas vpat,,, ini gimana aku gak bisa install smartsis, python & scrip aku instal di E, EPMP aku install di C, semua app python lancar aku install. tapi mengapa smartsis nya gak mau di install ?? katanya ada kesalahan pembaruan, emang apa salahku mas ??? balas donk maaaas, huhuhu…

  10. minyak tanah serba salah

    hehe mas vpat & sodara sodara, ternyata smartsis di hp ane bisa dipake setelah aku meng uninstal sisboom, biasanya aku bongkar muat pake sisboom, sekarang ganti smartsis, jadi lbh cepat, so ? apa sisboom & smartsis itu musuhan ya mas ? mas vpat ni jagoana telusur hehe,,, tengs mas vpat, ihi.. yes

    • owh jadi sebelumnya kamu pake sisboom…bukannya musuhan cuma smartsis itu menggunakan sebagian source atau skrip dari sisboom juga

  11. Mumet . . . .
    Rak mudeng boos
    Cr yg altrntiv aja bos

    • coba metode understanding by doing…coba aja di klak klik, nggak usah takut salah karena seringkali kita menemukan kebenaran setelah melakukan kesalahan hehe…sok banget ya…

  12. lam nal bro..np ea smartsisnya aqwu ga bisa d’instal..

  13. maz vpat…. smart sis nya kok gak bisa jalan di EGE yah,.,,,,,, ???? cuman kedib genitttt…….

  14. sob aku dah instal tapi ga bisa di buka,aku dah install semua python di drive E modulepack dah instal di C

  15. Thx info’y gan… Slam knal😀

  1. Ping-balik: Menterjemahkan Bahasa Aplikasi « Andi Pasakkangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: