Menambah Bahasa Penulisan Secara Otomatis Dengan LanguageCopyer

Language Copyer adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menambahkan bahasa penulisan di ponsel Symbian S60v3 secara otomatis. Dia membawa 48 bahasa untuk versi 320*240 dan 46 bahasa untuk versi 240*320 (termasuk Japanese namun sayang Korean belum ada). Dengan Language Copyer menambahkan bahasa penulisan menjadi sangat mudah, hanya perlu beberapa kali klik saja kita bisa memasang banyak bahasa.

Language Copyer mampu mengenali bahasa – bahasa yang telah terpasang di ponsel. Bahasa – bahasa pabrikan ditandai dengan warna biru sementara bahasa yang kita tambahkan sendiri memiliki warna merah.

Language Copyer berjalan di lingkungan Python jadi pastikan Python S60, Script Shell dan Module packnya sudah menghuni ponsel kamu. Tidak cukup sampai di situ, syarat penting lainnya ponsel kamu juga sudah harus dihack.😛

Kemudian download dan instal LanguageCopyer (untuk layar 320*240) atau LanguageCopyer (untuk resolusi 240*320). Pilihlah yang sesuai dengan resolusi layar ponsel kamu dan khusus untuk resolusi 320*240 ada LanguageCopyer versi Bahasa Indonesia. Ingat tempat instalasinya harus di drive yang sama dengan tempat instalasi Python.

Bagi yang belum pernah menambahkan bahasa penulisan, kamu juga membutuhkan patch Lang Selection. Untuk itu download juga LangSelection.zip. Di dalamnya ada 8 patch lang selection, pilih salah satu saja yang cocok dengan ponsel kamu (untuk E63 menggunakan Lang Selection Final). Ekstrak patch tersebut ke E:\Patches.

Setelah LanguageCopyer terinstalasi, buka dan pilih tata letak/layout yang sesuai dengan ponsel kamu. Untuk menambahkan bahasa, sorot pada bahasa yang diinginkan lalu klik Set maka secara otomatis bahasa tersebut akan ter-copy ke sistem ponsel dan kalau ingin menghapus tinggal tekan C atau Backspace. Selanjutnya buka ROMPatcher dan aktifkan serta add auto patch Lang Selection-nya. Kemudian restart ponsel (ini perkara wajib, kalau nggak direstart biasanya akan selalu restart sendiri saat mengganti bahasa).

Dalam menambahkan bahasa penulisan, dukungan font juga harus diperhatikan karena akan percuma saja jika kita menambahkan bahasa yang tak didukung oleh font.

(Ma’af tanpa screenshot karena aplikasinya nggak bisa jalan saat LanguageCopyer dibuka)

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 28 November 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 71 Komentar.

  1. masalahnya sudah teratasi mas, ternyata setelah patchnya di apply dan add to auto HPnya harus direstart dulu, selama ini aq gak pernah mengaktifkan add to autonya karena takut error waktu reboot, begitu di apply langsung masuk ke menu edit pesan. mungkin sebelum direstart patchnya masih belum maksimal kali ya mas.. Akhirnya bisa juga.. makasih mas.. Terus berbagi..

  2. Om vpat,di E63qu dah kepasang,tapi kaLo Hp set Bhs.Indonesia ko Pencet keypet Hp Restart yah ? aNeh’a kLo Hp di Set Bhs.Inggris Lancar.. .. .. Mohon Pencerahan Biar Hp set Bhs.Indonesia bisa Lancar.. .. ..

  3. mas Vpat, untuk bahasa Arab kan huruf2nya gak lengkap tuh kalo di ponsel qwerty. Nah tadi aq coba edit file ptiqwertiarabic.rsc nya, sekarang dah lengkap. Jadi aq mau ijin share nih, siapa yg mau silakan klik http://barabai.wen.ru/file/zip/arabic_qwerty.zip .Oiya, susunan huruf juga udah aq rapikan jadi hurufnya udah berurutan. Makasih mas..

  4. mas..bro.. Tolong.. Donk’!!
    Nech..gimana cra,nya ya.. Mindahin icon tema..kesukaan kita.. Misal,nya lebih suka icon tema (A) gimana cara,nya toh..mindahin icon,nya ke tema (B)
    Apakah harus diunpack pke smartsis..
    File,nya di..
    !:resource/skins/themepackage.mif
    Klw..mas,,bro tw share..ya🙂
    Thx…

  5. kok.. G diupdate lg gan?

  6. mastah.. aplikasi ini cuma buat berima sms.. apa juga bisa buat nulis sms..??? coz q abis instal sesuai tutor yg ada.. tp tetap aja tanpa perubahan..

  7. mas Vpat,, aku dah pasang n berhasil,, tapi ada masalah pas gonta gantinya, contoh : dari bhasa inggris ke bhsa arab ok,, tapi pas di balikan lagi ke inggris,, hpku restart,, knpa ya mas,
    Mohon penerangannya,, soalnya saya punya saudara di arab,, heheheh

    • aku nggak tau apa ini berhasil atau nggak tapi coba kamu hapus dulu semua bhs yg kamu tambahkan hapus juga folder qwerty di c: resource kemudian mulai dari awal lagi, setelah selesai, restart hape kamu, mudah2an bisa🙂

  8. Ok,, sekarang bisa di gonta ganti tanpa restart lagi,,, makasih mas Vpat,,
    Sukses selalu dah buat mas Vpat,, he
    Tapi yang animenu masih belum berhasil nie mas,, tolong di jawab ya komen badung di halaman animenu,, heheheh

  9. Boz vpat,bantuin q dong?menambah bhsa tlsn di E72 g bs c?kl pk copyer patch’y g da yg co2k pdhl dh cb rpDomaine klo pke ptiQwerty di Z:resource/??? G da qwerty’y?lang patch bt E72 ada g boz y?
    Klo pke E71&N82 sukses.th’x u boz..

    • kaya’nya e72 emang ga bisa menggunakan cara ini karena versi symbian dan fpnya yang lebih tinggi dari e63, e71 & n82, tapi aku juga belum tau gimana caranya

  10. Q rasa jg gtu boz bt fp2 laenya dah ada yg bs g?th’x..ditunggu tips N trik slnjut’y!!

  11. . maaf tpi knapa di hpe saya tdak bsa di instal,. saya pke nokia E71 , dan sudah terinstal phyton seperti yg anda ktan,. tetapi tetap gk bsa d instal .. ? why

  12. entah kapan br tulisan korea boleh masuk?

  13. kenapa coba bahasa jepang, hp nya gak mau ngetk, langsung keluar dari pesan lagi??

  14. Gmn cara uninstall nya? Knp ga bsa d unintall??

  15. Maaf mas, mau naya nich.. Aku sudah berhasil pasang language copyer sesuai dg tutor.., tp knapaya klu ku pakai ptiqwerty arabic n rusian, di home screen smua tombol angka jadi berubah angka 1 jadi 3 , 2 jadi 4 dst… Tlng donk di bantu…, aku menggunakan e63. oh y… Antuk menulis arabnya jg g ada huruf “kaf”

  16. padahal pengen tulisan korea😥

  1. Ping-balik: 46. Nokia E63 || Menu Favorit by Firus || Part I « Firus By Hacker© Catatan Pengalamanku bersama Nokia E63

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: