Menghargai Hidup Ala Orang Mati

batu nisan

Mereka – mereka yang kini telah usai menjalani hidup di dunia tak pernah lagi kembali untuk memulai kehidupan baru. Bukan berarti kehidupan di alam ketiga selalu nikmat. Tidak berarti pula bahwa sebagian mereka tak punya keinginan untuk kembali ke dunia, hanya saja kesempatan itu sudah berakhir dan tertutup. Diakhir hidup manusia hanya ada dua predikat, husnul khotimah dan su’ul khotimah. Akhir baik dan akhir buruk. Predikat yang menentukan perbedaan pola dan cara pandang hidup sebelumnya baik dari alam sini maupun alam sana.

Tentu kita tak akan membahas ruang dan gerak kedua golongan ini ketika di dunia. Pun tidak membahas tentang si husnul khotimah yang tentu lupa beratnya kehidupan dunia karena nikmat taman firdaus kini telah hadir di depan hidungnya. Kita hanya mencoba menelisik alam barzahnya si lalai yang kini berwujud jurang jahanam.

Sejatinya saat kematian datang manusia seperti terbangun dari tidur panjangnya. Lazimnya orang bangun tidur, bangun pula kesadarannya. Di sekelilingnya kini adalah kenyataan. Mimpi yang melenakan telah berakhir. Kesenangan duniawi ternyata tak abadi. Tayangan balasan yang bakal dia terima terpampang dengan jelas di depan matanya. Terjadilah interpolasi dan perubahan apresiasi terhadap kehidupan di dunia yang telah dilaluinya. Lahirlah penyesalan karena telah mengisi hidup yang sekali dan sesaat hanya dengan kemaksiatan belaka. Mereka ingin kembali dihidupkan walau sekedar untuk sholat dua rakaat atau bersedekah saja.

Suatu hari Rasulullah dan para sahabat melewati sebuah makam, Rasul saw bertanya, “Siapakah yang dikubur di sini?” Para sahabat menjawab, “Ini kuburan fulan bin fulan.” Rasulullah saw mengatakan, “Sholat dua rakaat lebih diinginkan oleh penghuni kubur ini ketimbang apa yang tersisa dari dunia kalian.” Dan di dalam surah Al Munafiqun ayat 10 – 11 Allah menggambarkan : “Nafkahkanlah sebagian rezeki yang Kami berikan kepada kamu, sebelum datang maut pada salah seorang kamu dan ia mengatakan : “Ya Tuhanku, seandainya Engkau tunda kematianku sebentar saja, agar aku bisa bersedekah dan menjadi orang yang shalih.”

Betapa besar penghargaan mereka terhadap tiap – tiap detik kehidupan yang seandainya diberi kesempatan kedua akan diisi seluruhnya dengan amal shalih, namun itu hanya menjadi penghargaan yang telat dan tak berarti apa – apa buat mereka. Betapa besar pula nilai ibadah sedekah dan sholat walau hanya sekedar sholat sunnat dua rakaat. Mereka telah melihat harga dan nilai itu di sana, kini giliran kita untuk mulai berhitung dengan harga dan nilai tersebut. Kita yang insya Allah masih diberi kesempatan sholat lima waktu dan lebih sering bersedekah ini lebih berhak untuk menyesal sebelum kematian menciptakan penyesalan yang tiada guna. Sebelum kematian membawa kita ke alam yang sedikit kebaikan lebih dikejar daripada dunia seisinya.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 14 Maret 2011, in Catatan Perjalanan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 33 Komentar.

  1. pertamaxxx
    Premium
    Solar

  2. beruntung sekali orang yang meninggalmya secara husnul khotimah..
    sembari nyimak dulu ya om :p

  3. …..reading……super bangetzzz om vpat

  4. wah, masta vpat dah rajin nulis nih🙂 semangat mas, tulisannya bikin kita berkaca..

  5. Mantap mas,,smoga tulisan mas vpat dpt manfaat bgi aq dan orng lain,,good luck mas ngibadah am nulisnya

    • amiiin…sebenarnya nih tulisan buat diri sendiri

      • tapi sangat kena di hati pengunjung setia blog ini master, .. ..

        Mudah-mudahan yang berkunjung bukan karna hanya niat untuk menandakan kehadiran supaya pemilik blog berkunjung balik ke blognya, .. ..

        Karna kalau begitu, orang yang coment tadi sama sekali tidak menghargai isi tulisan kita, dia hanya memikirkan dirinya sendiri yaitu untuk kunjungan balik ke blognya, yang bertujuan hanya untuk menaikkan statistik blognya, .. ..

        sepertinya dari awal pengalaman aku bikin blog sampai kini, kebanyakan orang orang seperti itu, aku sih terkadang hilap juga, .. ..
        Tapi semakin hari aku melihatnya, memakin ingin menangis hati ini karna aku merasa mereka tidak menghargai kita, mereka hanya memikirkan kunjuang balik untuk menaikkan stastistik blognya masing-masing, .. ..

        Yang aku bingung di sini, ” apa sih niat yang sebenarnya bikin blog?” apa hanya untuk sebuah nama/ketenaran/ingin dikenal, kalau hanya itu coba baca isi postingan master vpat di atas dengan teliti dipahami di renungi di hayati, maka yang kalian lakukan itu hanyalah sebuah mimpi belaka(ngomong kosong) .. ..

        hikz, hikz, maafkan aku kalau ada yang tersinggung, tapi itulah kenyataan anak bangsa ini sekarang, .. ..
        Apa ini yang kalian harapkan dari diri kaliam semua?
        Aku berharap indonesia akan jadi negara yang bermatabat dan di segani oleh negara lain, walaupun hanya sekedar MIMPI! .. ..
        Maaf master aku banyak ngomong (komat penyakitnya) maaf, maaf, maaf, .. ..

        • master, master, maksud ku bukan pengunjung, tapi yang coment, .. ..
          Hehe tolong di sunting dengan kata-kata master deh, maaf master bikin repot kamu, maaf, maaf, .. ..
          Kalao pengunjung sih jelas ingin baca postingan kamu tapi kalau yang, … ..

          Gak tau ah, nanti aku di kroyok massa nih, hehe, maaf master

          • ga usah disunting kan udah kamu ralat dan jelasin sendiri hehe…

            aku setuju, berkunjunglah dan berkomentarlah dg ikhlas tanpa tendensi apa2 selain silaturrahmi dan memperat persahabatan/persaudaraan. kunjungan balikpun harus ikhlas bukan krn terpaksa dan merasa hutang statistik hehe…

            tapi itu tergantung niat kita kalo niat bikin blog buat terkenal… ya gitu deh tapi kalo niatnya buat berbagi atau sekedar menyalurkan hobby menulis atau agar bisa lebih bersosialisasi pasti semuanya bakal tulus, insya Allah

  6. subhanallah…

  7. Salut sob, tulisanmu membuat saya termenung, mengingat dosa yg telah menumpuk.

    • makasih mas,

      sama mas, hampir seluruh umurku penuh dg kemaksiatan

    • sama bro, aku juga begitu, .. ..
      Makasih master, .. ..
      Siraman rohani nih postingan ini, .. ..

      Aduh, udah banyak aku shalatnya belang kambingan, .. ..
      Ya Allah Ampuni dosa-dosa hambamu ini Ya Allah, .. ..
      Amin, .. ..

  8. sangat bermanfaat tulisan’y mas. . .
    kata pak SBY, Lanjutkan. . . .!😀

  9. soalnya ulun cucunya mario teguh om vpat!xixixixi ya,,,super sekali om vpat bisa mengingatkan kita-kita ini!!!

  10. Wah wah tmbah bgs aja ni mas blognya . . . . .

  11. nie gambar HP ke 6 y mas
    lumayan…

  12. firus by hacker

    hehehe, .. ..
    Oke master, .. ..
    Sip, aku suka gaya kamu, .. ..
    Like this, .. ..

  13. mantap. !
    mmbuat saya ingat mati

  14. assalamualaikum,
    Izin share ya🙂

  15. Siraman rohani sekali lagi,. Sekarang jadi berharap nanti Khusnul Chotimah,. Jadi ‘bangun’ dengan keadaan yang baik,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: