Hack Symbian Pasca Hard Reset (Hacking Untuk Semua Ponsel Symbian Series)

Akhir manis dari sebuah penantian yang sangat lama. Kabar menggembirakan telah datang bagi para pengguna ponsel Symbian yang mengalami kesulitan meng-hack ponselnya baik karena hard reset maupun karena mengadopsi Symbian versi terbaru.

Beberapa hari yang lalu saat meramban situs Smartlip.Com saya menemukan sebuah metode hacking baru yang bisa diterapkan untuk semua ponsel Symbian dari Symbian 9.x sampai Symbian^3 dan ternyata metode tersebut bisa juga digunakan pada ponsel yang unhackable gara – gara hard reset tanpa harus upgrade firmware .

Seorang nara forum Smartlip.Com (stas686) berhasil menemukan metode ini yang kemudian dikembangkan oleh CODeRUS dan Kolayuk hingga lahirlah sebuah Just HackIt. Berikut ini metode hacking dengan Just HackIt :

Persiapan Alat :

1. Buat sertifikat di S60certkey.Com atau di Opda , jika sudah ada lewatkan.

2. Download JustHackIt.zip

3. (Optional) Download file installserver di bawah ini yang sesuai versi Symbian ponsel kamu tapi jika sudah punya lewatkan bagian ini.

InstallServer 9.2

InstallServer 9.3 – 9.4

InstallServer S^3

4. Download FreeSigner (signed) dan jika sudah punya lewatkan langkah ini.

5. Untuk Symbian S60v3 dan S60v5 (andai belum punya) siapkan juga X-plore

Langkah Hacking :

1. Instal CertUpdater.sisx

2. Sign file CertHack_Installer.sis lalu instal file yang sudah signed.

3. Di Menu, klik ikon HackIt dan tunggu hingga proses hacking selesai.

Jika hacking sukses maka pada Symbian^3 secara otomatis akan terinstal FileBrowser sedangkan pada seri lainnya akan terinstal ROMPatcher+ v 2.6. Dan sampai di sini Hackit sudah bisa dihapus/uninstall.

4. Untuk Symbian 9.2 dan 9.3 yang kompatibel dengan patch Install Server RP+, buka ROMPatcher+ lalu aktifkan/enable patch tersebut. Sedangkan untuk ponsel yang tidak kompatibel, buka ROMPatcher+, aktifkan/enable patch Open4All kemudian dengan menggunakan X-plore, ekstrak file installserver.exe ke C:\sys\bin dan ada baiknya beri atribut Read Only.

Untuk Symbian 9.4 dan S^3 ada kemungkinan (saya tidak tahu pasti karena tidak punya, hehe…) file installserver.exe akan tercopy saat proses hacking sedang berlangsung. Tapi jika hal itu tidak terjadi, kamu bisa mendownload file tersebut pada tautan di atas dan mengekstraknya secara manual.

Khusus untuk S^3, agar dapat akses penuh pada file sistem lakukan pengaturan dulu di menu Settings pada aplikasi FileBrowser. Saya tidak tahu pengaturannya seperti apa karena belum pernah melihat, jadi silakan dieksplor sendiri😛 .

Begitu juga dengan pengguna yang baru pertama kali menggunakan X-plore, konfigurasi terlebih dahulu dengan menekan tombol 0 atau G (qwerty) lalu centang 4 kotak cek pada bagian atas pengaturan kemudian tekan Back.

5. Selesai.

Happy hacking Happy ending🙂

PS :

Bagi pengguna yang menginginkan sebuah patch memiliki autorun lebih awal bisa menambahkan file domainsrv.exe pada ROMPatcher+, silakan download file DomainSrv.zip dan cara serta penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini bisa dibaca di sini

Posted by Wordmobi

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 23 April 2011, in Ponsel Symbian and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 178 Komentar.

  1. gan
    dirompattch instalsefer gagal trus atau selalu tanda x
    g mna tu?
    penjelasan

  2. gan kepala ku pusing gimana caranya ngehack,,,,,,

  3. gan kenpa ya hp e63ku sekarang klo menginstal sis ataau sisx dah gak bisa pasti selalu menjadi flierusak katanya

  4. gan ko ane g bisa bwat folder sys/bin ,hp ane e63…
    Mumet…….trus skalian ja..ttpod bwat e63 ada g,coz dah downld bnyak ggl truz..

    Thnx gan..mohon jawaban y.

  5. Gan nanya donk.ane kan pake nokia E5.pulsa ane kesedot mulu nih,pdhl inet,gprs,smua yg berbau OL ane matiin.tp tetep aja pulsa ane kesedot.knp y kira2?,mohon bantuannya gan.pliss

  6. mas brow,,
    ane ada masalah saat penginstalan aplikasi pasca hard reset.
    ketika mau install x-plore dll pasti ada konpirmasi file rusak / corrupt.
    mohon pencerahanya dong..
    thanks..

  7. bos vpat ane mo tanya langkah diatas udah ane laksanain semua sampe selesai install ROOMpatc. . Tapi ane install x-plore gagal mulu, kedaluwarsa lah apa lah. . Pusink ane,, mohon tutornya ya bos vpat

  8. ribet..

  1. Ping-balik: bloglesehan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: