Tips Menghilangkan Install Otomatis Saat Ponsel Dihidupkan

Persoalan ini sudah pernah saya tulis pada postingan tanggal 21 Maret 2010 untuk tema dan 17 September 2010 untuk database (db) kamus, namun dalam tulisan – tulisan tersebut saya hanya memaparkan upaya pencegahan saja agar tidak terjadi instalasi otomatis yang selalu berakhir dengan kegagalan. Tapi karena sejak dulu hingga kini masih banyak yang menanyakan cara mengatasi masalah ini [dan atas anjuran MasBoy], maka saya buat saja sebagai sebuah jurnal agar pengguna Symbian S60v3 bisa lebih memahami ponsel yang ia gunakan.

Setiap pengguna ponsel Symbian S60v3 yang doyan koleksi tema atau memasang banyak database kamus pasti pernah mengalami error ringan berupa instalasi yang terjadi secara otomatis setiap ponsel dihidupkan atau direstart. Sebagaimana yang saya jelaskan ditulisan sebelumnya, penyebab masalah ini adalah kode UID (User Identified) aplikasi yang sama. Memang, semua tema memiliki kode UID yang sama persis tidak perduli siapapun yang membuat (mungkin karena theme maker-nya sama). Demikian pula dengan db kamus. Akibatnya terjadilah penimpaan atau overwriting terhadap UID yang lama.

Dot sis (.sis) adalah sebuah format kompresi atau arsip, sama seperti .zip, .rar, .jar, .tar dll. Saat .sis diinstal, pemasang akan mengekstrak semua file yang ada di dalamnya ke drive dan folder tertentu berdasarkan drive dan folder yang tertulis di installer (file mentahnya). Dari ekstraksi ini lahirlah file .sis yang bisa dikategorikan sebagai sampah yang diberi nama dengan kode UID dari aplikasi/tema yang diinstal dan diletakkan di folder Private\10202dce.

Nah, file .sis hasil ekstraksi pemasang inilah yang menyebabkan error jika dia sama. Maka untuk menghilangkan error yang disebabkan file ini kita bisa menghapusnya secara manual melalui X-plore atau secara otomatis menggunakan aplikasi semacam G-Force, EndClear, X-Clear dll. Tentu saja dengan syarat ponsel sudah dihack.

Jika ingin menghapus file – file .sis sampah ini secara manual, gunakanlah X-plore dan akses folder Private\10202dce kemudian di Mark All jika filenya banyak dan lalu tekan tombol Delete.

Jika hanya ingin menghapus file .sis dari tema atau db kamus saja cari file yang bernama a00000eb.sis (tema) dan 200159d0.sis (db kamus).

Bila ponsel kamu belum/tidak dihack, bisa menggunakan jasa komputer asal tema/database kamus terinstal di kartu memori baik melalui card reader ataupun kabel usb dengan mode koneksi Mass Storage/Penyimpanan Masal.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 4 Juni 2011, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 94 Komentar.

  1. mlm boss vpat..sbuk trs ya,,nitip lg aj boss ..mampir ya.. http://master.heck.in/super-python-v2-5-e-s60-v3.xhtml

  2. mas bro .. Kenapa yo pas hp ulun di mati’i/restart .. Bloetooth hp ulun aktif .. Kaya auto start kyt .. ..

  3. pa kabar bos,sebelumy terimakasih ats infoy,sebelumnya saya mau menanyakan?saya sudah install g-force dan x-clear,tapi gk bisa dijalankan??dan tanpa aplikasi itu,,,saya melalukany dgn manual di x-plorer menghapus file yg ada di folder 10202dce,gk bisa juga..minta bantuany bos,,,,?makasih

  4. Bro,..
    itu klau folder” yang di “private” dihapus,..
    gmn nasib aplikasinya,.
    ex: kamus english
    apa ikt kehapus jg?
    thankz,..

  5. nice posting gan.

    Ditunggu di gubuk..

  6. Om Vpat, gimana cara mengaktifkan kembali java app n java games setelah hp dihard reset. Hpku e63, sebelum banyak app yg aktif tp ada juga yg ga aktif setelah didowload. Setelah hp dihard reset banyak app simbian yg mati, tapi app yg tadinya mati mudah aktifnya, tapi java semuanya mati. Mohon sarannya? Thank’s….!!!???

  7. bang minta file yang ada di c:/ private/10003A3F file nya diatas bglisten_reg.rsc ada tulisan sms2 nya gitu .rsc .. bang ya hehe

  8. bang minta file yang ada di c:/ private/10003A3F file nya diatas bglisten_reg.rsc ada tulisan sms2 nya gitu .rsc .. bang ya hehe tolong upload in file’a ya kalo gak salah file’a A_sms.rsc << kalo gak salah tapi begitudah tulisan'a seinget ane gan😀

  9. kalo ponsel belum di ”hack”.. Apa xplorer bisa mengakses file privat? Trus ada ndk app yg lain selain explorer yg mampu melakukan itu. (tanpa hack ponsel)

  10. ini mudah ko’..
    Asal phone ada Rompatcher nya..
    Sama x-plore…
    Hapus file .sis di E: Privat/ 10202dce / file.sis dihapus smw gan..
    Jgn foldernya iangat..

  11. selalu jelas dan detail.🙂

  12. mantap Bos!!.. Ini yg gua cari.. Hp ane sering Installing sendiri setelah Starup..🙂

  13. trimakasih gan info nya.. hp ane (E71) udah gk ngistall lagi waktu di reboot..

  14. folder prifat milik saya kosong gan tp aplikasi unsigned berhasil saya instal trus gmana ni?tolong bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: