Ada Apa Dengan Sertifikat? (Ada Apa Dengan Opda?)

Kalau bukan karena teman yang meminta Nokia 5233-nya dihack, aku pasti nggak akan tahu bahwa perjagadan Symbian sedang heboh gara – gara website penyalur sertifikat dan private key seperti OPDA, S60CertKey.Com, Cer.S603rd.Cn dll tiba – tiba mogok massal tak lagi mengeluarkan sertifikat seperti sebelumnya dengan memasang status pending yang berlarut – larut hingga berbulan – bulan tak kunjung selesai, padahal tangan para pengguna sudah gatal kepingin meruntuhkan dominasi pabrikan atas ponsel Symbiannya.

Ketika menengok blog ini aku juga sempat kaget, nggak menyangka kalau artikel tentang cara membuat sertifikat di Opda masih menjadi post papan atas. Hal itu mengindikasikan bahwa masih sangat banyak pengguna Symbian yang berharap bisa mendapatkan sertifikat untuk ponsel kesayangannya. Namun sayang, telah beberapa purnama berlalu sang sertifikat belum menetas juga.

Sebenarnya ada apa dengan Opda dan situs – situs serupa lainnya? Mengapa mereka begitu kompak tak lagi menyalurkan sertifikat? Benarkah hanya karena sistem yang error atau server yang down karena trafik permintaan yang begitu banyak? Awalnya, Opda memang hanya error karena situs ini sempat diretas oleh hacker yang mengacaukan database mereka sehingga ketika itu para pemohon sertifikat harus membuat permintaan ulang. Tapi saat ini baik Opda maupun situs lain yang serupa dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Tak ada something wrong (sam yang keriting dan bibirnya yang monyong). Lalu masalahnya apa?

Perlu diketahui bahwa Opda dan situs serupa lainnya dalam menerbitkan sertifikat dan private key tidaklah berdiri sendiri. Mereka (baca Opda, s60certkey, s603rd dll) hanya membuat file permohonan sertifikat (CSR) yang kemudian diunggah ke Symbian Signed selaku satu – satunya penerbit resmi sertifikat dan private key Symbian. Di sinilah masalahnya, karena kabarnya Symbian Signed sebagai pemegang otoritas melakukan perubahan pada beberapa aturan dan regulasi permohonan sertifikat yang tampaknya tidak berpihak pada situs – situs perantara dan non developer. Sementara itu sebuah situs makelar sertifikat di Rusia mengatakan bahwa mereka menghentikan pelayanan pembuatan sertifikat karena adanya suspend dari Symbian Foundation. Hmm…tampaknya kedua kabar ini memang saling berhubungan.

Entah apa alasannya pihak Symbian dan tentu saja Nokia melakukan itu semua tapi yang jelas saat ini kita tidak bisa berharap banyak lagi pada situs – situs semacam Opda karena mereka juga sangat bergantung pada kebijakan Symbian Signed, kendati demikian kita tetap berharap ini bersifat sementara karena masih banyak pengguna Symbian yang enggan meng-hacking ponselnya dan memilih men-sign sendiri untuk memasang aplikasi unsigned.

Tetapi bagi pengguna yang ingin meng-hacking ponselnya dan belum mendapatkan sertifikat tidak perlu berkecil hati (secara fisik hati emang kecil) dan putus asa (asa tidak mudah putus karena sifatnya yang fleksibel) karena sudah ada metode hacking tanpa sertifikat yang salah satu caranya bisa dibaca di sini. Jadi, lupakan dulu sertifikat yang masih pending sebab bisa jadi akan berstatus pending forever:mrgreen:

Posted by Opera Mini via jaringan Telkomsel yang masih mahal, veeeeehh.

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 19 September 2011, in Ponsel Symbian and tagged , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. kenapa ya nokimin ga langsung bisa dipasang app unsign jadi pembeli dibikin repot hack2 hpnya dulu wkwkkwkw

  2. Nice info mastah ,, apapun postingannya Mastah v’pat memang master’a EGE ,, ☺™sip ☺™sip ☺™sip☺™sip ☺

  3. setuju dengan komentar diatasku,,, Ketua emang bener2 Master….

  4. aduh… Kasian yg tadudi baulah sertifikat paman leh…

  5. iya nih ms, hp temen saya minta di hack tapi saya kebingungan. Sertifikatnya blm jadi

  6. untung ulun sudah kawin

  7. ooo pantesan gw daftar untuk x6 gw pending mulu udah 2 minggu lebih…

  8. Yee, dapat ilmu lagi, walaupun baru baca, hehe, hueh cara menulisan master vpat lucu eh, mau ketawa aja saya, hahahaha, .. ..
    Makasih sudah berbagi, .. ..

  9. emang aneh gan… ane smpe skrang dah 1 minggu juga blm keluar. knpa ya? kbtulan ane pake nokia e71 setelah update fw kayaknya sekang kalau mau instal applikasi yang agak intim seperti phyton dll langsung ngedeteck cert nya. la kebetulan certnya belum keluar. walaupun sudah di hack tapi gk bisa instal applikasi2 yang agak seru2….. :((

  10. tatap ae gagal terus😦

  11. waah sng master emang top tau sgalenye hehehe

  12. Pgen Instal facebook lwat broswer tak bsa tidak ditemukan Sertifikat gmana cranya mencari

  13. knpa udah brhari hari blum jga ada muncul cer n key nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: