MyTelkomsel, Aplikasi Anti Ribet

Inilah akhir dari periode yang melelahkan dan awal dari kenyamanan. Dan benarlah bahwa, sesudah kesulitan senantiasa ada kemudahan. Kita hanya perlu meneguhkan dan menegakkan kesabaran untuk menggapai kemudahan tersebut. Hindari keluhan dan pantangkan berputus harapan karena keduanya pembunuh berdarah dingin yang sanggup mencabik jiwamu dan melemparkannya ke alam barzakh kesengsaraan.

Hhhh….hhh…hhh… (sambil geleng – geleng), paragraf pembukanya kok serius amat, ada apaan ya? (ngakak tapi nggak sampai guling – guling) sebenarnya ini bukan masalah serius, mungkin kalimat di atas adalah ungkapan rasa senang belaka. Karena memang, tak ada yang lebih menggembirakan ketika kita berhasil menemukan sesuatu yang telah lama dicari dan penemuan tersebut ternyata melampaui pengharapan kita.

Ceritanya begini, saya mencari aplikasi untuk tablet Samsung Galaxy Tab 2.7.0 P3110 (wifi only) yang memiliki kemampuan cek pulsa dan kuota paket internet pada sebuah kartu sim (dalam hal ini kartu sim Telkomsel) tanpa melepasnya dari modem yang bergelayut mesra di port sebuah router. Kalau nancapnya di desktop atau laptop sih gampang karena kebanyakan klien modem sudah menyediakan fitur dial USSD commands termasuk klien pihak ketiga seperti MDMA misalnya. Tapi kalau untuk router, sebelum kejadian ini, mau nggak mau saya harus selalu memindahkan kartu sim ke ponsel hanya sekadar untuk cek pulsa atau kuota paket internet yang saya langgan. Kemudian disisipkan lagi ke dalam modem. Nasib baik slot kartu sim di modem saya bertipe hotswap sehingga gampang dikeluar masukkan (awas jangan mikir yang macam – macam ya). Tapi sayang itu tidak berlaku buat Nokia E63 saya dimana slot kartu sim-nya tersembunyi dibalik baterai. Bisa dibayangin kan bagaimana ribetnya setiap ingin menukar kartu sim dan itu dilakukan dua kali berulang – berulang. Itu baru sisi ribetnya, belum lagi kerugian daya akibat sering menghidup-matikan ponsel.

Nah keribetan dan kerugian itulah yang ingin saya entas dan pangkas dengan mencari solusi berupa perangkat lunak yang bukan hanya kompatibel dengan tablet saya namun juga memiliki kecanggihan untuk cek pulsa atau kuota paket internet pada kartu sim yang telah diintegrasikan dengan modem dan router. Sebenarnya Telkomsel punya layanan berbasis web untuk cek pulsa, paket internet dan layanan lainnya namun saya merasa itu masih tergolong ribet sehingga saya masih tetap ngotot untuk mencari aplikasi yang dapat memberi apa yang saya inginkan dengan hanya satu atau dua kali tap saja.😛

Dan betapa bahagianya setelah mengalami kegagalan di google penelusuran dan google play, secara tak disangka – sangka saya justru menemukan aplikasi yang saya cari ketika saya berniat blog walking di blogdetik. Di beranda, dikolom hot blog ada sebuah tajuk yang menarik “Bagaimana MyTelkomsel Membantu Saya”. Ketertarikan saya awalnya karena saya merasa ini pasti tentang lomba blog. Dugaan saya benar, yang tak terduga adalah bahwa MyTelkomsel itu ternyata adalah sebuah aplikasi yang setelah saya baca deskripsinya saya merasa yakin inilah yang saya cari selama ini. Dan di sana ada beberapa ikon toko aplikasi di mana kita bisa mengunduh MyTelkomsel tersebut secara gratis yang salah satunya adalah Google Play.

Singkat cerita terpasanglah MyTelkomsel di tablet saya. Pikiran saya bahwa mungkin kita harus registrasi dulu dan memasukkan nomor kartu sim. Tapi setelah aplikasi jalan dan terhubung ke server dengan serta merta atawa otomatis langsung melakukan login sehingga yang muncul pertama kali bukan jendela registrasi seperti yang saya perkirakan sebelumnya melainkan data – data kartu sim saya. Lihat saja pada gambar di bawah, di situ tertera nomor kartu sim, sisa pulsa dan kuota internet saya dan rinciannya dapat dilihat dengan mengetuk tombol Cek info lengkap.

mytelkomsel android

MyTelkomsel Home

mytelkosel android

MyTelkomsel Fitur

Di MyTelkomsel ini selain bisa cek pulsa atau kuota paket internet, kita juga bisa mengakses banyak layanan Telkomsel lainnya, seperti isi pulsa, beli paket, transfer pulsa, transfer kuota, flash gift dan lain – lain yang tak bisa saya sebutkan satu persatu. Dan asyiknya semua itu bisa dilakukan tanpa melepas kartu sim dari modem/router sehingga bisa hemat waktu, tenaga, daya dan tentu saja kartu sim nggak lecet – lecet (kan kasian kalau lecet). Bahkan pada jendela Koneksi Saya, kita bisa melakukan pengujian kecepatan koneksi internet kita dan mengetahui informasi dimana saja di daerah kita ada layanan wifi offload Telkomsel. Ini yang aku bilang, bahwa MyTelkomsel ini melebihi estimasi dan ekspektasi aku (Anang mode ON). Hahaha…

About eLki

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 2 Mei 2014, in Android and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: