Cara Mudah Hacking dan Unhacking Nokia E63

Diawal kemunculannya Nokia E63 termasuk salah satu ponsel ber-os Symbian S60 v 3 yang berada dijajaran ponsel Nokia unhackable. Tapi seiring perkembangan ilmu ‘perhackingan’, E63 menjadi begitu mudah ditaklukkan. Sebuah hacking tool bernama HelloOX mampu membuat sekuriti E63 tak berkutik hanya dalam hitungan detik.

Mungkin ada yang bertanya, apa sih yang didapat dari hacking ini? Sebagaimana yang seringkali disebutkan oleh para Symbianer bahwa dengan hacking, instalasi piranti lunak jadi lebih leluasa dan melakukan kustomisasi/personalisasi ponsel jadi lebih memungkinkan. Pada dasarnya hacking ditujukan buat mereka yang punya minat lebih terhadap kemampuan sebuah sistem operasi atau mereka yang menginginkan kendali penuh atas milik pribadinya. Jadi jika anda menggunakan ponsel hanya untuk telepon, sms, internet atau fungsi dasar lainnya dan anda merasa puas dengan segala fitur maupun tampilan yang ada maka anda tak perlu menghacking ponsel anda :-) .

Hacking

Langkah

Pertama

Siapkan sebuah sertifikat untuk men-sign perkakas hacking yang akan kita pakai. Andai belum punya dan belum mengerti cara membuat sertifikat silakan tengok tulisan saya sebelumnya tentang panduan membuat sertifikat di Opda.

Langkah

Kedua

Silakan download HelloOX (versi 2.03). Rasanya versi ini yang paling pas untuk E63 karena versi sebelumnya masih tak mampu membuat E63 bergeming.

Langkah

Ketiga

Signing HelloOX dengan sertifikat yang telah ada dan lantas instal.

Langkah

Keempat

Buka HelloOX yang telah terinstalasi dan secara otomatis akan melakukan proses hacking serta menginstalasi RomPatcher.

Urutan kerjanya terbagi dalam 6 langkah :

1. Mapping drive
2. Unpacking file
3. Activating file system
4. Unmapping drive
5. Installing root certificate
6. Install ROMPatcher+

Selesai dan kini anda resmi menjadi tuan bagi milik anda sendiri, selamat :smile: .

RomPatcher

RomPatcher adalah tool untuk mengaktifkan atau menerapkan berbagai patch – patch agar file eksekutor yang terinstal di ROM (Read Only Memory) bekerja sesuai yang kita inginkan. Saat instalasi, RomPatcher hanya membawa patch Open4All yang fungsinya adalah untuk memberikan kita hak akses penuh pada system folder dan file. Kelak kita bisa menambahkan patch – patch lain yang tentunya sesuai dengan E63. Jadi setelah berhasil melakukan hacking, buka ROMPatcher, apply dan add to auto patch Open4All-nya agar bisa mengakses serta menulis dan membaca di folder – folder dengan akses dibatasi seperti folder Private atau Sys.

Unhacking

Hacking ini sifatnya tidaklah permanen. Kapan saja kita mau kita bisa mengembalikannya ke kondisi awal/unhacking. Caranya?
Buka lagi HelloOX dan disana kita akan mendapati opsi Unhack. Pilih opsi tersebut maka HelloOX akan memulai proses unhacking. Lalu uninstall HelloOX, restart ponsel dan selesai. Ponsel kita kembali seperti semula. Keren kan? :cool:

PS :

Bagi teman – teman yang kesulitan meng-hack ponsel E63 karena hard reset bisa mencoba metode hacking terbaru, silakan baca panduannya di SINI

Bagi yang gagal atau kesulitan menggunakan metode hacking dengan Helloox ini silakan coba dengan dua alternatif di bawah ini :

Hacking Tanpa Sertifikat Untuk Semua Ponsel Symbian (dgn bantuan PC atau ponsel lain)

Hacking Tanpa Sertifikat Untuk Semua Ponsel Symbian (Tanpa PC)

Baca Juga Tulisan Menarik Lainnya :

About these ads

About mALiKi

sebutir debu di atas puing cahaya

Posted on 21 Februari 2010, in Ponsel Symbian, Tips & Trik and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 836 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: